Jelang Vaksinasi Covid-19 Di Kota Malang, Pemkot Mulai Lakukan Persiapan | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jelang Vaksinasi Covid-19 Di Kota Malang, Pemkot Mulai Lakukan Persiapan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Jelang Vaksinasi Covid-19 Di Kota Malang, Pemkot Mulai Lakukan Persiapan

SATUKANAL.com, MALANG– Vaksinasi covid-19 di Kota Malang sedang dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada pertengahan Januari 2021. Sebelumya, Pemerintah pusat telah menginformasikan untuk mulai mempersiapkan diri diri mulai dari pendataan tenaga kesehatan (nakes) hingga alat penunjang fasilitas kesehatan (Fasyankes).

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan daerah masih ada kesempatan untuk dapat mempersiapkan dan mengusulkan jumlah kebutuhan vaksin serta alat pendingin penyimpan vaksin. “Daerah masih ada kesempatan untuk mempersiapkan dan mengusulkan jumlah kebutuhan vaksin dan alat pendingin untuk menyimpan vaksin serta kebutuhan lainnya yang mendukung proses vaksinasi,” ungkapnya.

Menurutnya, ada sekitar 14.000 nakes yang menjadi prioritas awal penerima vaksin covid-19 di Kota Malang. Ia menuturkan untuk total penerima vaksin di Kota Malang belum pasti diketahui jumlahnya.

Baca Juga :  Jembatan di Bandulan Ambrol, Sutiaji Instruksikan Percepat Pembenahan

“Kalau total di Kota Malang, masih belum tahu jumlah pastinya. Tapi bisa dilihat dari jumlah penduduk di Kota Malang usia 19-59 tahun, kemudian dikurangi komorbid, orang yang sudah terpapar dan ibu hamil,” katanya lagi menjelaskan.

Sementara itu, pendataan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Malang total ada sekitar 7000 tenaga kesehatan (nakes) yang telah terdaftar dan terverifikasi. Sedangkan 6600 nakes tenaga kesehatan lainnya masih dalam proses pendaftaran.

Lebih lanjut, Sutiaji menuturkan setelah ada perintah dari pemerintah pusat, selanjutnya akan dilakukan pendataan di bagian pelayanan publik. Ia menuturkan bahwa data yang masuk ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan disampaikan ke pemerintah pusat masih ada ruang untuk updating atau pembaruan. “Sehingga, jangan sampai akomodasi dan infrastruktur lain belum siap ketika pendistribusian vaksin covid-19,” tandasnya.

Baca Juga :  33.420 Vial Vaksin Covid-19 Disimpan di Gudang Farmasi Surabaya Sebelum Didistribusikan

Hingga kini, Wali Kota Malang belum tahu pasti jadwal pengiriman vaksin covid-19 ke Kota Malang. Menurutnya, pihaknya masih menunggu tahap I serentak di setiap provinsi yang kemungkinan akan berlangsung tanggal 14 Januari 2021. “Namun, untuk jadwal daerah belum bisa dipastikan.” Begitu jelasnya.

Di akhir pernyataannya, Sutiaji mengatakan bahwa pihaknya juga meminta bantuan TNI Polri untuk mengawal pendistribusian vaksin covid-19. Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan dua vaksinator di setiap Puskesmas di Kota Malang. “Nantinya, Puskesmas akan mengamil sesuai kebutuhannya. Ketika mengambil, Koramil dan Polsek akan mengawal proses tersebut,”  jelasnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait