Jelang Ramadhan, KPPU Pastikan Pasokan Sejumlah Komoditas Aman | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Jelang Ramadhan, KPPU Pastikan Pasokan Sejumlah Komoditas Aman

Satuchannel.com, Kota Malang – Komisi Pengawasan Pengendalian Usaha Kantor Perwakilan Daerah (KPPU KPD) Surabaya memastikan cadangan sejumlah komoditas pangan untuk kebutuhan di bulan Ramadhan berstatus aman atau terpenuhi. Hal itu disampaikan Aru Amandi selaku kepala KPPU KPD dalam forum jurnalis yang membahas peran KPPU dalam stabilitas harga komoditas pangan jelang Ramadhan dan Lebaran 2017 di Resto Javanine Malang Jumat ini (12/5).

Aru merinci, cadangan untuk beras dapat dikatakan aman. Ia memastikan terdapat 2,2 juta ton beras yang ada di Bulog. Kendati demikian, KPPU juga mempersiapkan hal-hal untuk mengantisipasi bila ada masalah seperti yang terjadi pada komoditas cabe rawit.

KPPU dalam Forum Jurnalis Evaluasi harga pangan jelang lebaran (Gugum)

“Kalau setiap ada kenaikan, kita cek hulunya dulu kalau bermasalah baru ke proses distribusinya. Misalnya masalah cabe rawit yang diselewengkan di tengah jalur. Padahal di hulu cadangan melimpah,” tutur Aru.

KPPU mengaku juga akan memantau dari tren persentasi harga di pasaran, jika terjadi ketidakwajaran, baru akan dilakukan pengecekan.

KPPU menambahkan persediaan sejumlah komoditas, khususnya di wilayah Jawa Timu sudah dinilai cukup tinggi. Oleh karena itu, persediaan komoditas hingga akhir lebaran dianggap cukup aman

“Kalau kebutuhan dalam negeri tidak mencukupi kita akan mengimpor lagi. Penanganan Jawa Timur sudah efektif. Selain bawang, Komoditas telur kenaikan sudah cukup tinggi. Di pasar tembus harga 22 ribu per kilo,” pungkasnya. (Iqb)

Kanal Terkait