SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Jelang Pilkades, Wali Kota Batu Minta Instansi Swasta Beri Dispensasi Karyawan

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengirim surat pada instansi-instansi swasta terkait rencana pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Rabu (2/10/2019) mendatang. Para pengusaha diharapkan memberi dispensasi pada karyawan yang memiliki hak pilih. Dengan dispensasi itu, angka partisipasi pemilih bisa naik pada Pilkades yang rencananya digelar di 11 desa tersebut.

 

“Supaya angka partisipasi Pilkades serentak di Kota Batu ini tinggi saya menyurati kantor-kantor khususnya yang swasta supaya mengizinkan karyawannya,” kata Dewanti, Senin (30/9/2019).

11 desa tersebut yakni di Kecamatan Junrejo ada Desa Junrejo, Desa Beji, dan Torongrejo. Kemudian di Kecamatan Batu ada Desa Oro-Oro Ombo, Desa Sidomulyo, dan Desa Sumberejo.

Dan di Kecamatan Bumiaji ada Desa Giripurno, Desa Punten, Desa Gunungsari, Desa Tulungrejo, dan Desa Bumiaji. Seluruh pemilih di desa tersebut diharapkan bisa menyuarakan hak pilihnya. Karena itu dengan adanya surat itu bisa membantu para karyawan yang bekerja di instansi swasta.

“Dengan surat ini agar mengizinkan masyarakat Kota Batu di 11 desa mendapatkan dispensasi beberapa jam untuk menyoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” imbuhnya.

Tidak hanya di area Kota Batu, instansi swasta dan Pemkot  di area Malang Raya juga akan diberikan surat dispensasi oleh istri Eddy Rumpoko tersebut. “Semua yang ada di Malang Raya,” jelas Dewanti.

Dewanti pun mengimbau bagi warga Kota Batu untuk menyuarakan hak pilihnya di TPS.

Sedang ada 65.525 daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Batu siap meramaikan pilkades Kota Batu. Rinciannya, pilkades di Kecamatan Bumiaji diikuti lima desa dengan jumlah 29.288 pemilih. Antara lain, di Desa Punten ada 4.022 DPT. Lalu di Desa Gunungsari, dua calon kades akan berebut 5.316 suara.

Kemudian di Desa Tulungrejo, lima calon kepada desa akan berebut suara 6.912 DPT. Dan di Desa Bumiaji, ada tiga calon  yang bersaing merebut suara 5.265 DPT.

Kemudian di Kecamatan Junrejo, dengan sembilan calon kades dari tiga desa, ada 17.845 DPT. Rinciannya, di Desa Junrejo ada 7.431 DPT yang akan memilih dua calon kepala desa. Di Desa Beji ada 5.948 DPT yang akan memilih tiga calon kepala desa.  Dan di Desa Torongrejo, empat calon kepala desa berebut 4.466 DPT.

Sedangkan untuk Kecamatan Batu, ada tiga desa dengan jumlah 18.392 DPT.  Rinciannya di Desa Sumberejo,  5.201 DPT memilih 5 calon kepala desa. Lalu di Desa Oro-Oro Ombo, ada empat calonnya yang nasibnya ditentukan 7.025 DPT. Untuk Desa Sidomulyo, lima calon kades akan dipilih 6.166 DPT.

Kanal Terkait