Jelang Pilkada Malang, Muncul 3 Nama Kuat Bakal Calon Walkot dari Internal PDIP | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Jelang Pilkada Malang, Muncul 3 Nama Kuat Bakal Calon Walkot dari Internal PDIP

Menuju Malang Satu

Satuchannel.com, Kota Malang – Selain membuka peluang diusungnya orang dari luar internal dengan melakukan penjaringan bakal calon yang telah dibuka awal bulan ini. Setidaknya 3 nama yang dianggap cukup kuat dalam menjadi Calon Wali Kota Malang nantinya muncul dari lingkar internal PDIP sendiri. Ketiga nama tersebut ialah Arief Wicaksono, Sri Untari, dan Sri Rahayu.

Secara latar belakang, ketiga nama tersebut memang memiliki latarbelakang dan jenjang karir politik yang cukup moncer. Arief Wicaksono kini menduduki Ketua DPRD Kota Malang, selain itu secara kepartaian Arief saat ini juga sebagai Ketua DPC PDIP Kota Malang. Lalu Sri Untari sosok yang saat ini menduduki Ketua Fraksi PDIP di DPRD tingkat Provinsi. Selain itu Sri Rahayu, kader partai PDIP yang telah malang melintang didunia politik dengan pernah menjadi anggota dewan, baik di tingakat daerah maupun di pusat, dan pada pilkada periode lalu sempat mencalonkan diri sebagai Wali Kota.

Baca Juga :  Gelar Acara Bimtek Musrenbang, Wakil Wali Kota Malang : Kinerja Laskar Perencana Harus Optimal

Dalam hal ini, I Made Rian Diana, selaku ketua tim 5 yang ditunjuk dalam melakukan penjaringan bakal calon mengatakan, bila ketiga nama tersebut muncul dari basis pengurus ranting yang ada di Kota Malang.

Jelang Pilkada 2018
Arief Wicaksono, salah satu kandidat nama yang muncul. (Aris)

“Di kecamaran Lowokwaru muncul calon tunggal yaitu Arief Wicaksono, dari klojen sama yaitu calon tunggal untuk Arief, Kedungkandang calon tunggal dengan nama yang sama. Tapi untuk Kecamatan Blimbing belum,” ungkap pria yang kerap dipanggil Made ini.

Selain itu ada yang unik dalam pilihan di tingkat ini, melalui Made diketahui bila untuk di Kecamatan Sukun dari 10 anak ranting tak bisa keluar nama tunggal. Perincianya yaitu 7 ranting mengusulkan nama tunggal yaitu Arief wicaksono, sedangkan 3 ranting sisanya munculkan 3 nama yaitu Arief Wicaksono, Sri Untari, dan Sri Rahayu

Adapun, untuk nama-nama yang muncul tersebut memang keluar dari proses internal yang telah dibentuk sebelumnya. Made merincikan, bahwa mekanisme internal yaitu dilakukan dengan cara penjaringan di tingkat ranting anak ranting dan ranting yang diselengarakan PAC namun merapatkan ranting dan anak ranting.

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

“Nantinya PAC akan menyampaikan hasilnya ke DPC. Untuk saat ini sudah 4 kecamatan,” jelasnya.

Made juga menyampaikan untuk ranting yang belum menggelar rapat dapat segera melaksanakannya hingga batas yang telah ditentukan pada 15 Juni mendatang. Karena itu sebagai lampiran data, yanh juga penting bagi DPC.

Ditegaskan pula meskipun nama-nama itu muncul dari internal partai sendiri tapi mereka juga diminta masih harus mendaftarakan diri ke TIM 5.

“Misalnya dimunculkan nama seseorang di Lowokwaru, terus dia tidak mendaftar, maka dia sudah pasti gugur,” tuturnya.

Terakhir Made juga menegaskan bila 30 juni nanti rencana akan dirilis sejumlah nama – nama yang telah masuk dalam daftar kandidat. Hanya saja hal itu belumlah final, untuk rekomendasi Made mengatakan bahwa hal itu kewenangan secara penuh ketum DPP yakni Megawati Soekarno. (Iqb)

Kanal Terkait