SATUKANAL.COM
BERITA

Bakal Calon Bupati Malang Sanusi Merapat ke Partai Demokrat

”Ya pasti, semua calon bupati pasti mengharap dukungan dari semua partai,”. 

Itulah kalimat lugas yang disampaikan Bupati Malang HM Sanusi sesaat sebelum meninggalkan acara Rakorcab (Rapat Koordinasi Cabang) I, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Malang, Minggu (9/2/2020).

Langkah yang dilakukan Sanusi ini semakin memberi sinyal kuat jika sosok incumbent tersebut, hendak merapatkan barisan ke partai besutan Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. 

”Hingga saat ini belum ada kepastian dukungan dari Demokrat di Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), itu urusan dan keputusan ada di Rakorcab. Tapi harapannya ke arah situ (di dukung Partai Demokrat),” timpal Sanusi.

Sebagai informasi, sebelum “berselancar” ke Partai Demokrat, Sanusi sudah mendapat rekom dari ke-25 PAC (Pimpinan Anak Cabang) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Rombongan Pengurus DPP Partai NasDem Ziarah ke Makam Gus Sholah

”Keputusan itu kan mayoritas, terbanyak. Kalau sudah terbanyak ya itu jadi keputusan,” celetuk Sanusi saat diminta tanggapannya terkait rekom yang diberikan oleh ke-25 PAC PKB se-Kabupaten Malang.

Di sisi lain, Sanusi juga membantah jika ada kemungkinan suara dari PKB pecah. 

Menurutnya, ke-25 PAC PKB yang membubuhkan tanda tangan di atas materai, dan mantap memberikan rekom terhadap dirinya tersebut, bakal memantik 8 PAC PKB lainnya untuk mendukung Sanusi bertarung di Pilkada 2020.

”Ya mereka (8 PAC PKB) belum sampaikan sikap, mungkin masih nunggu. Tapi kalau sudah ada rekom saya yakin semua bisa dukung,” ungkap Sanusi.

Apakah sudah dapat restu dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB?, Sanusi mengaku jika rekom dari partai berlogo sembilan bintang tersebut masih dalam proses. 

Baca Juga :  DPW PKB Jatim Bantah Pengunduran Diri Sanusi, Janji Segera Keluarkan Rilis Baru

Bahkan, Sanusi juga belum berani berspekulasi apakah dalam proses tersebut akan memunculkan nama baru untuk mendapat rekom guna maju dalam kontestasi Pemilihan Bupati Malang periode 2020 hingga 2025.

”Belum ada (info rekom calon lain), semua masih proses. Tapi yang jelas harapan dari DPP (PKB), semua partai bisa mendukung (petahana),” terang Sanusi.

Ditemui disaat bersamaan, Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi, mengaku jika pihaknya masih belum bisa memastikan apakah partai yang dipimpinnya tersebut bakal mengusung Sanusi untuk memenangkan kontestasi Pilkada 2020 atau tidak.

”Belum (menentukan mendukung Sanusi), kita masih Rakorcab. Hasil rakor nanti apa, akan kita kabari,” ujar Ghufron sembari mengatakan jika rekom dari Partai Demokrat bakal disampaikan pada Maret 2020.

Kanal Terkait