Jelang Pilkada 2018, Ini Tahapan Yang disiapkan KPU Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPU Kota Malang (Iqb)
BERITA

Jelang Pilkada 2018, Ini Tahapan Yang disiapkan KPU Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Kota Malang tengah bersiap untuk menyambut pemilihan kepala daerah yang dijadwal akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang. Untuk itu, KPU telah menyusun sejumlah tahapan yang perlu diketahui berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) yang telah dikeluarkan oleh KPU RI.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia, Ashari Husen menjelaskan terdapat dua tahapan untuk itu, yaitu tahapan persiapan serta pelaksanaan dan tahapan operasional, admintrasi perkantoran hingga ke proses pelaksanaan.

Adapun untuk tahap persiapan sendiri, terdiri dari perencanaan program, penyusunan dan pendatangangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Kemudian pembuatan produk hukum, sosialisasi atau penyuluhan, Bimbingan Teknis (Bimtek) dan terakhir, pembentukan tenaga ad hoc yang terdapat di kecamatan maupun di kelurahan.

Baca Juga :  26 Pelanggar PPKM Darurat Jalani Sidang Tipiring

Namun demikian, Ashari mengatakan yang tengah menjadi fokus KPU Kota Malang saat ini ialah pemuthakiran data pemilih. Untuk hal ini, proses sebelumnya ialah data pemilih yang diperoleh dari Kementerian Dalam Neger (Kemendagri) rencanaya akan segera diverifikasi lalu baru dilakukakanlah pemuthakiran

“Pendataan pemukthakiran data itu di tahun 2017 dan 2018 secara berkelanjutan,” ujar nya.

Lanjut Ashari mengurai, bahwa data pemilih yang saat ini masih digunakan total sejumlah 600.000. Dirinya menargetkan untuk estimasi DPT dalam Pilkada mendatang ialah sebesar 696.000 pemilih dengan estimasi per TPS itu 500 pemilih.

“Untuk itu kita perkirakan terdapat 1400 TPS. Dengan asumsi bahwa Jumlah DPT itu akan kita lihat perkembanganya dengan jumlah data kependudukan yang nanti diperoleh dari Kemendagri. Dan untuk waktunya, sekitar oktober dan November,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Malang Imbau Masyarakat Pilih Isolasi Terpusat

Sementara itu, untuk tahap pencalonan, KPU menargetkan akan dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 memdatang. Proses ini diawali dengan verifikasi pasangan calon untuk perorangan, untuk waktunya sendiri diperkiran bulan Desember dan Januari.

“Kita perkirakan setelah proses verifikasi calon perseorangan selesai, maka pencalonan diperkirakan januari akhir ke februari. Asumsinya regulasi itu juga ikut berkembang,” pungkas Ashari.

Ashari juga mengatakan, bila semua tahapan tersebut telah mulai berjalan pada Juni bulan depan. Akan tetapi, untuk tahap sosialisasinya rencana akan dimulai pada bulan september. (Iqb)

Kanal Terkait