Jelang Muktamar, Ketum PBNU Sambangi Ponpes Lirboyo - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jelang Muktamar, Ketum PBNU Sambangi Ponpes Lirboyo
Dengan mengenakan batik, Kiai Said Aqil duduk di sebelah kanan KH Anwar Mansur dan KH Athoillah (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Jelang Muktamar, Ketum PBNU Sambangi Ponpes Lirboyo

Satukanal.com, Kediri – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Kamis (7/9/2021). Hal ini bertepatan dengan waktu dekatnya, penyelenggaraan muktamar pada 23 – 25 Desember mendatang.

Kedatangannya disambut oleh KH. Anwar Mansyur, selaku Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri. Said Aqil tiba bersama rombongan Pengurus PBNU sekitar pukul 09.30 pagi. Kemudian, melakukan ziarah ke makam keluarga Ponpes.

Dilanjutkan, memberikan tausiyah kepada para santri bersamaan dengan acara Rutinan Ngaji Kamis Legi di Aula Muktamar Ponpes Lirboyo Kediri. “Silaturahmi, sekian lama tidak berkunjung ke Lirboyo,” ungkap Said, kepada satukanal.com, Kamis (7/9/2021).

Baca Juga :  Situs Watukucur Dipercaya Sebagai Tempat Ibadah Umat Hindu

Dalam tausiyahnya tersebut, ia menceritakan pernah menjadi santri di lingkup Ponpes Lirboyo Kediri, pada tahun 1968 – 1971. Kemudian, pindah ke Krapyak Yogyakarta, lalu ke Makkah Al Mukaromah di tahun 1980 sampai 1994, selama 14 tahun.

Dia juga turut mengapresiasi Lirboyo dan para jemaahnya yang terus konsisten melaksanakan pengajian Kemis Legi dengan Kitab Al Hikam. Dengan adanya pengajian tersebut diharapkan dapat mendapatkan pencerahan dari Allah SWT.

Baca Juga :  Kekerasan Terhadap Perempuan di Jombang Masih Marak

Menurutnya, pandemi Covid-19 lah yang membuat pihaknya baru bisa melakukan silaturahmi ke Ponpes Lirboyo Kediri. “Ke Lirboyo sowan ke kiainya, kan wajib. Lama tidak ke sini karena pandemi Covid-19, sejak 2 tahun lalu,” ujarnya.

Sebagai informasi, pemilihan ketua umum (ketum) PBNU akan digelar dalam Muktamar pada Desember 2021 mendatang. Seharusnya muktamar digelar tahun 2020, namun diundur menjadi tahun ini. Said Aqil sendiri sudah menjadi Ketum PBNU dari periode 2010-2015. Kemudian, menjabat lagi di periode 2015-2020.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait