Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hari raya Idul Ada menghitung hari, namun pembeli sapi masih sepi. (foto: Abdul Konik/satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

satukanal.com, Banyuwangi – Dampak pandemi juga dirasakan oleh pedagang kambing di Banyuwangi. Menjelang hari raya Idul Kurban, penjualan menurun drastis. Sebagian pedagang mengurangi stok dagangannya, dibanding sebelum pandemi.

Fawaid, salah satu pedagang kambing di Jalan Rogojampi – Genteng mengatakan, penjualan dirasa menurun sejak tahun lalu. Sebelum pandemi,  dia bisa menjual 100 – 120 ekor

“Semenjak Indonesia dinyatakan pandemi, penjualan turun drastis, tahun kemarin saja bawa 70 ekor masih ada sisa 15 ekor,” keluhnya.

Kendati demikian Fawaid tak putus asa. Tahun ini, dia tetap menjual kambing tahun ini. Namun, penjualan tetap sepi. Semenjak membuka lapak pada 6 Juli 2021, dia berhasil menjual 18 ekor kambing.

Baca Juga :  Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid

Alhamdulillah dari awal buka hingga sekarang sudah menjual 18 ekor Kambing, penjualan ini meningkat di Minggu pertama, di bandingkan tahun lalu pada Minggu pertama hanya menjual 9 ekor,” katanya.

Fawaid biasanya menjual kambing jenis etawa seharga Rp2,6 juta- Rp5 juta, harga tergantung dengan ukuran yang dijualnya.

Ia juga berharap di tahun ini daganganya habis terjual, meskipun dalam keadaan pandemi dan sekarang berlaku PPKM darurat.

“Semoga saja di tahun yang sulit ini para penjual kambing bisa laku habis dagangannya,” ujarnya.

Senasib dengan Fawaid, Selamet penjual hewan Kambing saat Idul Adha inipun tak berani membawa kambing seperti tahun sebelum Pandemi, ia biasanya membawa 150 kambing dan terjual habis, namun kini hanya membawa 62 kambing.

Baca Juga :  Idul Adha 2021, Takbir Keliling dan Salat Ied Kota Malang Ditiadakan

“Untuk tahun ini sengaja saya kurangi daganganya mas, karena takut jika terlalu banyak nantiknya tidak habis, seperti tahun kemarin,” jelas Selamet.

Selamat juga mengatakan biasanya pada H- 3 masyarakat baru mulai membeli kambing. “Mudah mudahan saja tahun ini dagangan saya bisa habis terjual, tidak seperti tahun lalu, dan Pandemi segera berakhir suapaya perekonomian bisa berjalan dengan semestinya” harapnya.

Pewarta : Abdul Konik

Editor : Danu Sukendro

 

Kanal Terkait