Jelang Hari Raya Nyepi, Wisata Bromo Tutup Sementara - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jelang Hari Raya Nyepi, Wisata Bromo Tutup Sementara
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Jelang Hari Raya Nyepi, Wisata Bromo Tutup Sementara

SATUKANAL.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo , Tengger dan Semeru (BB TNBTS) akan menutup sementara kegiatan wisata Bromo. Penutupan ini berlaku mulai 14 Maret jam 00.00 WIB hingga 15 Maret 2021 jam 06.00 EIB.

Pengumuman tersebut tertera dalam Surat Pengumuman Nomor: PG.05/T.8/TU/TU.3/2021 dari Balai Besar Taman nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Penguman ini juga diunggah di akun Instagram resmi BBTNBTS @bbtnbromotenggersemeru.

Tertulis, bahwa surat pengumuman tersebut dibuat dengan memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor: 27/P/PHDI-KAB/II/2021 tanggal 22 Februari 2021.

“Penutupan kegiatan wisata di Gunung Bromo berhubungan dengan adanya perayaan Hari Raya Nyepi 2021,” ungkap Plt Kepala BB TNBTS, Agus Budi Santoso.

Baca Juga :  Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang

Lebih lanjut, mayoritas warga Suku Tengger yang menghuni kawasan hutan BBTNBTS beragama Hindu, sehingga banyak dari mereka merayakan hari Raya Nyepi.

Agus menyebutkan, penutupan jalur dari Malang akan dilakukan di Jemplang. “Penutupan jalur ini, kalau yang dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, dan yang dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang,” jelasnya.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, disebutkan pula jika wisatawan bisa kembali mengakses wisata ke Gunung Bromo, termasuk Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, Mentigen, Laut Pasir, dan Savana, mulai tanggal 15 Maret 2021 pukul 06.01 WIB.

Baca Juga :  PPKM Mikro Sukses! Jatim Bebas Zona Merah, 16 Wilayah Zona Kuning

Sementara itu, jika wisatawan ingin berkunjung kembali ke Gunung Bromo. Diwajibkan memiliki surat keterangan kesehatan. Pembatasan jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas maksimal juga diterapkan.

Wisata Gunung Bromo sendiri telah dibuka di tengah pandemi Covid-19 sejak Jumat (28/8/2020), atas persetujuan 4 kepala daerah yang melingkupi tempat wisata tersebut.

 

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait