Jelang Berbuka Puasa, Lebih Baik Simak Kajian Di Masjid Ini Yuk | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Jelang Berbuka Puasa, Lebih Baik Simak Kajian Di Masjid Ini Yuk

Satuchannel.com, Kota Malang – Jelang berbuka puasa, tak lengkap jika tanpa kajian sembari menunggu datangnya adzan magrib berkumandang. Kegiatan ini bisa dilakukan di salah satu mesjid kota Malang yaitu, Masjid Qolbun Salim, Jln. Sunan Kalijaga Dalam no.9, belakang kampus UIN Maliki Malang.

Dalam hal ini, Ustad Amrozi yang merupakan Mudir Ponpes Al-Irsyad Batu jadi pembicara dalam kajian bertema ‘adab-adab selama ramadhan’, kamis (1/5). Lewat pemaparannya, Amrozi menekankan keutamaan adab seorang muslim, terlebih selama puasa ramadhan.

“Karena adab menjadi ciri khas. Ini sangat penting untuk diketahui. Belajar adab secara umum, berarti belajar juga soal ilmu,” ucapnya sebagai pengawal kajiannya.

Amrozi melanjutkan, Seorang Nabi Muhammad SAW yang dikenal sebagai sosok ‘al-amin’ (red : terpercaya) pun belajar adab sejak kecil, hingga mendapatkan gelar seperti itu. Baginya, pemupukan adab dan akhlak memang harus ditanamkan sejak dini.

Melalui panduan salah satu kitab hadis, adapun beberapa adab yang semestinya dilakukan umat muslim selama Ramadhan. Dijelaskan Amrozi, adab orang yang berpuasa ialah menjaga seluruh anggota badannya dari perbuatan dosa.

Lalu selanjutnya menjaga lisan. Mulai dari perkataan bohong, dusta, dan ucapan-ucapan palsu. Selanjutnya menjaga perut, dan kemaluan. Menurutnya, Makna puasa secara bahasa adalah ‘imsak’ yang berarti menahan.

“Apa yang kita tahan, menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Dosa-dosa juga membatalkan puasa dan mengurangi pahala puasa,” tuturnya dihadapan jama’ah yang hampir memadati ruang mesjid ini.

Intinya, bagi Amrozi puasa adalah menahan apapun untuk berbuat dosa. Lantas, bukan berarti hanya di bulan ramadhan saja. Hal ini justru yang dikhawatirkan Amrozi sehabis ramadhan. Maka dari itu, Amrozi mengajak jama’ah untuk membentengi diri mereka dengan amalan terus menerus. (GUM)

Kanal Terkait