Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi
STRAIGHT NEWS

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi

Satukanal.com, Nasional – Kasus penggunaan kamera tersembunyi di tempat penginapan, toilet atau sejumlah area pribadi masih sering ditemui. Hal tersebut kemudian menimbulkan kekhawatiran, terutama bagi para perempuan karena keamanan di ruang publik jadi semakin terancam.

Keberadaan kamera tersembunyi yang disalah gunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab ini bukan hal baru dan sudah banyak memakan korban.

Bahkan ada kemungkinan video yang merekam tubuh kita disalahgunakan atau untuk disebarluaskan demi tujuan tertentu, termasuk untuk melakukan pemerasan.

Sehingga, bagi kalian yang berniat untuk menggunakan fasilitas umum seperti menginap dihotel, menggunakan kamar ganti atau kamar mandi umum, Lakukan sejumlah pencegahan untuk memastikan agar kalian tidak menjadi salah satu korban.

1. Perhatikan kondisi sekitar ruangan

Perhatikan lokasi sekitar kita untuk mengetahui apakah ada hal yang aneh atau tidak biasa. Misalnya saja rak yang bergeser atau cermin kamar mandi yang digantung dengan posisi aneh.

Baca Juga :  Larangan Mudik 2021 Ditetapkan Pemerintah Hari Ini

Menurut pemaparan Reolink, salah satu perusahaan penyedia kamera keamanan menyebutkan ada beberapa titik yang sering dipakai. Beberapa diantaranya yakni detektor asap, wall decor, gantungan baju, kotak tisu dan masih banyak lainnya.

2. Matikan lampu

Untuk memastikan lampu di ruangan dan gunakan senter ponsel untuk meninjau ruangan. Lensa kamera memantulkan cahaya meskipun berukuran kecil. Karena itu sinar dari ponsel akan menghasilkan pantulan cahaya dari kamera tersembunyi. Ruangan yang gelap akan memudahkan kita untuk menangkap pantulan itu.

3. Ornamen Mencurigakan

Perhatikan berbagai ornamen yang ada di dalam toilet atau tempat penginapan untuk memastikan tidak ada kemara yang dipasang. Jika ada yang mencurigakan, patut waspada.

4. Gunakan aplikasi

Kini ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengetahui kamera tersembunyi yang ada di sekitar kita. Salah satunya yakni aplikasi Fing yang cocok untuk iOS maupun android. Meski demikian, cara ini tidak selalu efektif karena ada beberapa jenis kamera yang tidak bisa terdeteksi lewat jaringan.

Baca Juga :  Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadhan Minimal 32,5 Jam Seminggu

5. Lepaskan perangkat yang mencurigakan

Apabila kalian telah melakukan observasi lokasi, cara selanjutnya untuk memastikan diri tetap aman adalah dengan melepaskan atau mencabut semua perangkat yang mencurigakan.

Pindahkan juga posisi semua perabotan di dalam toilet yang dianggap meragukan. Tutupi dengan handuk, tas atau apapun yang bisa dipakai. Jika memungkinkan letakkan perlengkapan tersebut ke dalam laci atau area yang tertutup.

6. Cek Gagang Pintu dan Gantungan Baju

Gagang pintu pun jadi salah satu spot kamera tersembunyi yang luput dari perhatian atau kerap diabaikan. Padahal, kamera sering ditemukan justru pada benda yang satu ini. Namun, tidak cuma gagang pintu, gantungan baju juga bisa jadi dipasangi kamera untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait