Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Saturasi Oksigen Agar Kembali Normal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Saturasi Oksigen Agar Kembali Normal
Penggunaan Oxymeter (Foto: Naviska Rahmadani/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Saturasi Oksigen Agar Kembali Normal

Satukanal.com, Nasional – Tak perlu khawatir, ada tips mengatasi saturasi oksigen agar kembali normal. Terutama bagi pasien Covid-19, penting untuk memperhatikan kadar oksigen yang ada dalam tubuh. Tips-tips di bawah ini akan berguna bagi kalian yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Saturasi oksigen sendiri merupakan nilai yang menunjukkan kadar okssigen yang ada pada tubuh. Nilai ini sangat penting karena berpengaruh pada fungsi organ dan juga jaringan tubuh. Jika saturasi osigennya rendah, maka perlu segera diatasi.

Kadar oksigen yang rendah menandakan pasien tersebut membutuhkan penanganan medis. Untuk itu, bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri harus rutin mengecek kadar oksigen menggunakan alat yang dikenal dnegan nama oximeter. Selain itu, melakukan terapi mandiri di rumah juga perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Dilansir dari Alodokter, untuk pasien isolasi mandiri yang mengalami penurunan saturasi oksigen, dapat melakukan terapi mandiri yang dikenal dengan nama proning. Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan yakni cukup berbaring dengan posisi tengkurap.

Baca Juga :  Kasus Jual Beli Jabatan Kades di Probolinggo, KPK Sita Rp362 Juta

Posisi tersebut memungkinkan kantung udara yang ada di paru-paru dapat mengembang dengan optimal. Lantas, bagaimana cara meningkatkan saturasi oksigen dengan menggunakan teknik proning? Berikut ulasannya:

Posisi Pertama

  1. Letakkan bantal di bawah kepala
  2. Berbaring dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/kiri)
  3. Selipkan kedua tangan pada bagian bawah dada

Posisi Kedua

  1. Letakkan bantal pada bagian bawah kepala dan bawah perut
  2. Berbaringlah dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/kiri)
  3. Tangan diposisikan pada samping bantal

Posisi Ketiga

  1. Letakkan batal pada bagia bawah kepala
  2. Berbaringlah dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/kiri)
  3. Salah satu kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat ke arah yang sama seperti arah kepala yang sedang menoleh. Misalnya, saat kepala menoleh ke kanan maka lutuh kanan yang ditekuk
  4. Letakkan bantal pada bagian awah kaki yang ditekuk
  5. Tangan diposisikan senyaman mungkin

Posisi keempat

  1. Letakkan bantal pada bagian bawah kepala
  2. Berbaringlah dengan posisi menyamping pada salah satu sisi (kanan/kiri)
  3. Letakkan bantal lain pada bagian tubuh
  4. Letakkan juga bantal di bagian sisi tubuh yang menempel dengan tempat tidur, dan diantara kedua lutut yang menjadi penyangga badan
Baca Juga :  Satgas Covid-19 Jombang: Tidak Semua Pasien Isoman Pindah ke Isoter

Keempat teknik di atas bisa menjadi salah satu cara meningkatkan saturasi oksigen rendah pada pasien Covid-19. Posisi tersebut bisa diubah setiap satu hingga dua jam agar tetap merasakan nyaman saat melakukan proning.

Jika teknik tersebut sudah rutin dilakukan tapi saturasi oksigen tetap rendah dan diikuti dengan gejala lain seperti sesak napas, lemas, nyeri pada bagian dada. Bahkan sampai kehilangan kesadaran, maka sebaiknya segera mengubungi dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tak hanya itu, cara meningkatkan saturasi oksigen bisa menggunakan beberapa cara lain, diantaranya adalah, sirkulasi udara harus dalam keadaan baik, melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi Zat besi dan makanan bergizi, dan jangan lupa konsumsi vitamin-vitamin yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Naviska Rahmadani

Kanal Terkait