Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Anosmia Yang bisa Dilakukan di Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Anosmia Yang bisa Dilakukan di Rumah
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Anosmia Yang bisa Dilakukan di Rumah

Satukanal.com, Nasional – Tips mengatasi anosmia menjadi salah satu topik yang banyak diketikkan pada mesin pencarian Google. Setidaknya, ada lebih dari 124 ribu per 0,43 detik terkait pencarian topik tersebut.

Anosmia memang menjadi salah satu gejala Covid-19 yang cukup ditakutkan. Bagi seseorang yang terinfeksi Covid-19, kemungkinan besar akan mengalami gejala anosmia. Anosmia digunakan untuk menyebut kondisi seseorang yang kehilangan fungsi indra penciuman.

Seseorang tidak akan bisa mencium aroma apapun bahkan yang menyengat sekalipun seperti parfum, bau amis ikan dan bawang putih. Biasanya, kondisi ini dirasakan oleh mereka yang mengidap rhinitis, polip hidung, sinusitis, deviasi septum ataupunya gangguan saraf penciuman.

Meski begitu, tak perlu khawatir. Ada tips yang bisa mengatasi anosmia. Melansir dari laman National  Health Service (NHS), anosmia sebenarnya bisa membaik dalam beberapa waktu. Bahkan, ada yang dalam hitungan minggu.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi anosmia?. Terdapat dua model terapi yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya:

1. Melatih penciuman dengan bau-bauan

Melatih indera penciuman memiliki peran penting dalam penyembuhan Covid-19. Terlebih, jika bau-bauan yang digunakan adalah bau yang menyengat akan memberikan rangsangan yang kuat pada hidung.

Dikutip dari laman Badan Amal yang terdaftar di Inggris, ada bau esensial yang direkomendasikan untuk mengatasi pasien anosmia, antara lain: mawar, lemon, cengkeh dan kayu putih.

Baca Juga :  Minimal Satu Safe House Tiap Kecamatan, Kurangi Okupansi RS

Sebaiknya, perkembangan dalam proses terapi penciuman yang dilakukan dicatat dengan baik. Dengan begitu, akan diketahui progres yang sudah dialami. Lalu, pilih keempat bau-bauan seperti yang telah disebutkan di atas. Jika sudah ditentukan, kemudian ikuti langkah ini.

Pertama, duduk di tempat yang tenang dan buka botol wewangian yang Anda siapkan, letakkan di dekat hidung. Kemudian, hirup secara lembut selama 20 detik untuk masing-masing bau. Jangan lupa untuk konsentrasi penuh akan apa yang dilakukan.

Jika bau lemon yang tengah dihirup, fokuslah pada lemon, bagaimana bau dan rasa lemon yang selama ini dikenal sebelumnya. Fokuslah dengan sebaik-baiknya. Lalu, beri jeda beberapa tarikan napas dan lanjutkan pada bau-bauan selanjutnya.

Namun, dalam menjalankan tips mengatasi anosmia dengan terapi ini butuh waktu yang cukup panjang jika ingin berhasil. Karena, terapi ini juga bukan merupakan pengoabatan instan yang hasilnya akan langsung nampak dalam sekali percobaan. Untuk tu, ketelatenan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam prosesnya.

2. Membilas Hidung

Selanjutnya yakni dengan terapi membilas hidung. Dalam terapi ini, hidung akan dibilas dengan menggunakan larutan air garam. Cara ini dirasa juga cukup efektif jika penyebab anosmianya adalah infeksi dan alergi.

Baca Juga :  Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya

Adapun langkah-langkah yang bisa diikuti dalam terapi ini. Pertama, rebuslah satu liter air dan biarkan hingga dingin. Kemudian, campurkan 1 sendok teh garam dan 1 satu sendok teh soda kue ke dalam air. Lalu, cuci bersih tangan dan cari tempat yang nyaman untuk mulai membasuh hidung.

Jika sudah, tuangkan sedikit larutan tersebut ke telapak tangan. Hirup sebagian larutan ke satu lubang hidung dan biarkan keluar kembali. Untuk memudahkannya, bisa dengan menutup satu lubang hidung yang lain dengan jari. Kemudian, ulangi langkah-langah tersebut untuk mengetahui apakah bekerja efektif atau tidak.

Sebagai informasi, larutan yang dicampurkan tersebut tidak bisa digunakan berulang kali. Artinya, larutan harus habis dalam sekali terapi. Jika, keesokan harinya ingin melakukan terapi lagi maka sebaiknya membuat larutan yang baru lagi.

Nah, itulah tips mengatasi anosmia. Jangan lupa untuk tetap senantiasa melakukan konsultasi pada dokter terkait gejala-gejala lain yang mungkin timbul. Selain itu, tetap terapkan protokol kesehatan 5M, antara lain memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Viska

Kanal Terkait