Jangan Dianggap Sepele, Ini Urutan Perawatan Rambut yang Benar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jangan Dianggap Sepele, Ini Urutan Perawatan Rambut Yang Benar
Ilustrasi seorang wanita sedang merawat rambutnya (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Jangan Dianggap Sepele, Ini Urutan Perawatan Rambut yang Benar

Satukanal.com, Nasional – Bagi kalian yang rutin perawatan wajah, mengaplikasikan produk skincare pada wajah tentunya harus menggunakannya sesuai urutan agar hasil bisa maksimal. Oleh sebab itu, perawatan rambut atau hair care juga harus diterapkan sesuai dengan urutannya agar bekerja maksimal.

Bagi sebagian orang, seringkali merasa bingung dengan  apa saja yang dibutuhkan untuk rambut beserta urutan pemakaiannya. Guna membantu dalam menggunakan produk hair care dengan benar, inilah 5 langkah yang bisa kalian ikuti.

1. Aplikasikan Hair Oil sebelum keramas

Sebelum keramas, aplikasikan hair oil sebagai hair mask. Minyak rambut berfungsi untuk menjaga kelembapan, memperkuat akar, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Agar hasilnya maksimal, lakukan pijatan ke kulit kepala dan biarkan satu hingga dua jam sebelum keramas. Setelah itu baru bilas sampai bersih menggunakan air dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa.

Namun, bagi kalianyang memiliki rambut berminyak sebaiknya kurangi penggunaan minyak di kulit kepala untuk menghindari lepek pada rambut.

2. Mencuci rambut menggunakan shampo

Ketika kalian akan mencuci rambut dengan shampo, sebelumnya kalian harus paham dengan jenis dan kondisi rambut. Sebab, setiap jenis rambut memiliki waktu keramas yang berbeda-beda, seperti halnya:

  • Jenis rambut terasa kasar dan kering, serta terasa lebih rapuh, anda hanya perlu keramas setiap dua atau tiga hari sekali.
  • Jenis rambut cenderung berminyak sehari setelah kamu mencuci rambut, anda harus keramas setiap hari.
  • Jika anda memiliki rambut normal dan terasa tidak terlalu berminyak sehari setelah keramas, anda bisa mencuci rambut setiap dua hari sekali.
Baca Juga :  Dana Minim Tetap Bisa Kuliah di Luar Negeri? Ini Rekomendasi dan Tipsnya

Selain itu, pilihlah produk shampo sesuai dengan kondisi rambut kamu. Apabila kondisi rambut rontok, maka pilihlah shampo khusus rambut rontok. Namun, jika berketombe maka pilihlah sampo anti ketombe.

3. Gunakan Conditioner

Usai keramas menggunakan shampo, langkan selanjutnya yang tak kalah penting yakni menggunakan conditioner saat rambut dalam keadaan basah. Aplikasikan kondisioner pada batang rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

Conditioner dibaratkan seperti body lotion untuk kulit. Conditioner memiliki manfaat untuk melembabkan rambut dan menjaga setiap helai rambut agar terhidrasi dan mudah diatur dan Ingatlah untuk tidak menggunakan kondisioner di bagian kulit kepala.

4. Gunakan Hair Tonic

Setelah beberapa menit sehabis keramas, ketika rambut dalam keadaan tidak terlalu basah dan belum terlalu kering, gunakan hair tonic pada bagian akar rambut. Semprotkan hair tonic di beberapa bagian kemudian pijat rambut dengan lembut supaya produk hair tonic meresap dengan baik ke kulit kepala.

5. Gunakan Hair vitamin atau hair serum

Step selanjutnya yakni, dengan menggunakan hair vitamin ataupun hair serum di ujung rambut. Hindari menggunakan hair vitamin dan hair serum di kulit kepala supaya tidak menyebabkan rambut menjadi lepek.

Baca Juga :  Ingin Kurangi Konsumsi Garam, Tanpa Makanan Terasa Hambar? Ganti Dengan Ini!

Selain itu, pilihlah produk hair vitamin atau hair serum sesuai dengan kondisi rambut kalian. Hal tersebut dilakukan agar perawatan rambut dapat bekerja dengan maksimal

6. Creambat Seminggu Sekali

Kalian bisa melakukan crembat di salon atau di rumah seminggu sekali. Jika anda melakukan creambat di rumah, pilih produk khusus creambat yang bisa anda dapatkan di pasaran.

Proses creambath dilakukan selama satu jam dengan pijatan di kepala, leher, dan pundak untuk melancarkan peredaran darah ke kepala. Creambath sebaiknya dilakukan minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapan rambut. Pilihlah jenis creambath yang cocok untuk jenis rambut dan permasalahan yang kamu alami.

7. Gunakan Hair Mist

Apabila kalian sering beraktivitas di luar rumah, tampilan rambut tentu harus lebih diperhatikan agar tetap wangi. Kalian bisa menggunakan hair mist untuk memberikan kesegaran dan keharuman pada rambut sepanjang hari.

Beberapa produk hair mist juga diformulasikan dengan nutrisi yang baik untuk rambut. Sehingga rambut tetap harum dan mudah diatur.

 

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait