Jalankan Nasihat Menparekraf Pariwisata Sebagai Sokoguru - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jalankan Nasihat Menparekraf Pariwisata Sebagai Sokoguru
Desa Wisata Pujon Kidul (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Lipsus

Jalankan Nasihat Menparekraf Pariwisata Sebagai Sokoguru

Penghargaan didapatkan Desa Wisata Pujon Kidul seiring perkembangan pesat yang terjadi. Terbaru, pariwisata satu ini berhasil menyabet Anugrah Desa Wisata 2021. Sinegritas menurutnya sangat dibutuhkan untuk membuat desa wisata yang ada lebih berkembang lagi.

Satukanal.com, Malang Wildan Agta

Destinasi wisata Pujon Kidul yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang mulai dikenal di penjuru Nusantara. Menparekraf, Sandiaga Uno beberapa waktu lalu turut menasbihkan sepak terjang desa wisata tersebut.

Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko menyebutkan, kebahagiaannya atas kunjungan itu. Apalagi dengan tuah-tuah yang diberikan Sang Menteri.

Baca Juga :  Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat
Desa Wisata Pujon Kidul Bisa Raup Omset Rp 2 M per Bulan April
Kepala Desa Wisata Pujon Kidul (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)

“Beliau mengungkapkan jika pariwisata sebagai sokoguru bagi ekonomi masyarakat keadilan. Hal tersebut sudah dijalankan disini,” jelasnya Jumat (28/5). Arti dari pernyataan tersebut ialah masyarakat sebagai pemilik dan pelaku yang harus turut aktif didalamnya.

Kebebasan berkreasi dan kreatif diberikannya pada pemuda daerah. Bahkan, ia sering melakukan sharing santai untuk kemajuan desa wisata.

Masyarakat sekitar secara tidak langsung juga mendapatkan lapangan pekerjaan. Mereka bisa berjualan makanan maupun kerajinan tangan lain sebagai oleh-oleh wisatawan yang datang. Tentu membantu menambah penghasilan masyarakat sekitar, diluar pekerjaan utamanya.

Baca Juga :  Bupati Malang: Penanganan Covid-19 Tanggung Jawab Bersama

Terbukti dengan kurang lebih 20 persen masyarakat yang terlibat pada sektor wisata daerah. “Mereka masih punya sawah atau hewan ternak dirumah. Jadi kan bisa menjadi nilai tambah bagi pemasukan masyarakat,” ucapnya.

Melihat potensi wisata Kabupaten Malang yang luar biasa, hal tersebut menjadikan Kabupaten Malang menjadi pariwisata berbasis masyarakat.

“Jadi diarahkanlah pariwisata berbasis masyarakat. Karena mau tidak mau nantinya, kondisi bangsa akan ditentukan oleh ekonomi masyarakat. Tentunya pariwisata yang berkelanjutan,” tutupnya.

 

 

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait