Jaga Keselamatan Jelang Mudik Lebaran, Dishub Lakukan Ramp Check Pada Transportasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Jaga Keselamatan Jelang Mudik Lebaran, Dishub Lakukan Ramp Check Pada Transportasi

Satuchannel.com, Kota Malang – Jelang mudik lebaran 2017, Dinas Perhubungan Kota Malang akan melakukan secara bertahap pemeriksaan kelayakan transportasi (Ramp Check) di sejumlah titik di Kota Malang khususnya pada angkutan darat. Ramp check ini merupakan pemeriksaan secara meyeluruh pada kelengkapan transportasi yang berpengaruh pada keselamatan publik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi mengatakan di Malang sendiri dari 8 kali ramp check yang dijadwalkan, masih berjalan sebanyak 3 kali remp check dan kurang 5 kali lagi. Lokasi pengecekan sementara hanya di terminal – terminal di Kota Malang.

Baca Juga :  Perpanjangan PPKM Darurat, Sutiaji Tegaskan Belum Ada Arahan Resminya

“Terminal arjosari, landungsari, dan hamid rusdi. Sementara untuk kereta api, belum terjadwalkan tapi nanti pasti saya jadwalkan,” Tutur Kusnadi.

Kepala Dinas Perhubungan, Kusnadi Kota Malang (Iqbal)

Kepala Dishub ini juga memaparkan hasil temuan dari tiga kali giat ramp check yang telah ia lakukan. Disitu ditemukan, bahwa terdapat sejumlah armada bus yang kurang layak jalan. Dari 450 an bus yang masuk ke Kota Malang, setidaknya 12 bus dinyatakan tidak layak.

“Contoh rem, ban, baut-baut yang hilang, lampu maupun lampu sein. Itu ada yang kami tindak dan proses,” jelas Kusnadi saat menjelaskan mengenai kekurangan dari bus-bus tersebut.

Baca Juga :  Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja
Bus Restu trayek Malang Surabaya di Terminal Arjosari Malang (Istimewa)

Dishub sementara melakukan tindakan penilaian dan pencabutan buku uji Kir bagi supir bus terkait. Dishub juga menjalin Kerjasama dengan pihak kepolisian untuk menjalankan agendanya.

Ramp check sendiri, dilaksanakan berdasarkan atas instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM.10 Tahun 2017 tentang Pemeriksaan Kelaikan Sarana Transportasi untuk melaksanakan ramp check terhadap sarana transportasi selama periode Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2017.

Selain itu, Ramp check  ini difokuskan pada tiga unsur penting yang terdapat dalam kendaraan, yaitu unsur administrasi, unsur teknis, dan persoalan penunjang. (iqb)

Kanal Terkait