Jaenal Aripin Didiskualifikasi di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jaenal Aripin Didiskualifikasi di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020
Foto: istimewa
BERITA Kanal Straight

Jaenal Aripin Didiskualifikasi di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

Satukanal.com, Nasional – Pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Atlet balap kursi roda Jaenal Aripin didiskualifikasi pada nomor 400 meter T-54, sehingga tidak bisa melaju ke babak final.

Dalam perlombaan yang digelar di Olympic Stadium, Tokyo, Minggu (29/8/2021) WIB, Jaenal didiskualifikasi karena melanggar aturan World Para Athletic (WPA) 17.8, yakni melakukan kesalahan dalam melakukan start.

Atlet asal Sumedang, Jawa Barat, itu bertanding di heat 2 bersama enam atlet lain di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang, pukul 11.51 waktu setempat. Saat itu terpantau jika Jaenal langsung memulai lebih awal saat empat saingannya masih berada pada grid start.

Diketahui bahwa suara aba-aba yang ditembakan oleh wasit adalah sebanyak dua kali. Jaenal didiskualifikasi karena “false start“.

Baca Juga :  Harga Tinggi Ketimbang Padi, Petani Blitar Pindah Haluan Tanam Jagung

Namun demikian, Jaenal Aripin masih akan berlaga di satu nomor pertandingan lagi, yakni nomor 100 m T-54 pada Rabu, 1 September mendatang.

Pada nomor ini atlet Thailand dan Inggris Raya berhasil melaju ke babak final usai finis pertama dan kedua. Putharet Khongkrak dari Thailand finis pertama dengan catatan waktu 47.42 detik. Sementara tempat kedua ditempati oleh Richard Chiassaro dari Inggris Raya yang mencatatkan waktu 47.88 detik.

Sebagai informasi, Sejauh ini, Indonesia baru mengoleksi tiga medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 dengan rincian satu perak dan dua perunggu.

Baca Juga :  Peringati Gestok dengan Kirim Doa Pahlawan Revolusi untuk Hapus Sial Bangsa

Peraih medali untuk kontingen merah putih di antaranya satu perak dari Ni Nengah Widiasih (Powerlifting), David Jacobs (Tenis Meja).

Medali perunggu kedua berhasil diraih cabang olahraga (cabor) para atletik atas nama Sapto Yogo Purnomo, pada hari kedua gelaran Paralimpiade Tokyo 2020.

Sapto menempati posisi ketiga saat turun di final nomor 100 meter T37 putra. Sementara medali emas di nomor ini milik atlet Amerika Serikat, Nicholas Mayhugh. Medali perak diraih Andrey Vdovin yang merupakan perwakilan dari Komite Paralimpiade Rusia.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait