Jadi Korban Penipuan Transaksi Online? Lapor ke cekrekening.id - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jadi Korban Penipuan Transaksi Online? Lapor ke cekrekening.id
Tampilan website cekrekening.id (Foto: cekrekening.id)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Jadi Korban Penipuan Transaksi Online? Lapor ke cekrekening.id

Satukanal.com, Nasional – Kemajuan teknologi membuat transaksi online semakin menjadi pilihan. Dengan sistem online, transaksi jual-beli dianggap lebih praktis.

Meskipun memudahkan konsumen, tidak jarang para konsumen tertipu oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab. Biasanya, konsumen telah melakukan pembayaran kepada penjual, namun barang tidak kunjung dikirim.

Terkait dengan persoalan tersebut, kini masyarakat bisa memanfaatkan website cekrekening.id. Dilansir dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, berikut cara melaporkan penipuan transaksi online.

Cara melaporkan penipuan transaksi online :

  1. Masuk ke halaman resmi cekrekening.id
  2. Pilih menu “Laporkan Rekening” dan klik tombol “Laporkan Sekarang”
  3. Isi form “Buat Laporan”
  4. Kalian harus mengisi data rekening yang ingin dilaporkan Lengkapi biodata orang yang dilaporkan dan data diri pelapor
  5. Tuliskan kronologi kejadian dan unggah bukti-buktinya
  6. Klik centang di samping “I’m not a robot” dan klik “Submit“.
Baca Juga :  Siti Rahmania Rauf, Sosok Pencipta Sajak ‘Ini Budi’ di Pelajaran Membaca

Selain untuk melaporkan penipuan transaksi online, website cekrekening.id juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti, fitur “Periksa Rekening” jika ingin melakukan transaksi online dan memastikan dulu kalau rekening tujuannya aman.

Kemudian bagi pemilik usaha yang ingin membuktikan ke calon konsumen kalau rekeningnya terpercaya, bisa verifikasi lewat fitur “Daftarkan Rekening”.

Sementara itu, bagi yang nama dan rekeningnya tercatat dilaporkan dalam layanan ini berhak mengajukan sanggahan atas laporan masyarakat dan meminta rekeningnya dikeluarkan dalam database daftar blacklist/pengaduan (normalisasi).

Baca Juga :  Kemenaker Mulai Kaji Besaran Upah Minimum di Tahun 2022

Pemilik rekening dapat melaporkan ke e-mail cekrekening@kominfo.go.id atau datang langsung ke kantor Kominfo dengan membawa atau melampirkan bukti-bukti penyanggahan.

Dalam hal tertentu, pengelola cekrekening.id dapat mempertemukan antara pelapor dan pemilik rekening secara online jika terjadi perselisihan/perbedaan pendapat.

Baik pelapor dan pemilik rekening akan dikirimkan undangan berisi tautan atau link melalui email untuk memasuki ruang percakapan online/fasilitas Online Dispute Resolution (ODR) yang diawasi oleh verifikator cekrekening.id.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait