IPB Wajibkan Peserta UTBK Negatif Tes Antigen - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IPB Wajibkan Peserta UTBK Negatif Tes Antigen
Foto: ipb.ac.id
Kanal Straight

IPB Wajibkan Peserta UTBK Negatif Tes Antigen

SATUKANAL.com, NASIONAL–  Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK atau ujian tulis berbasis komputer untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) ditutup pada hari ini, Kamis (01/04/2021).

Kemungkinan besar, ujian akan dilaksanakan di tengah pandemi virus corona yang belum berakhir. IPB yang merupakan salah satu lokasi tes pada UTBK-SBMPTN 2021 memberikan sejumlah persayaratan untuk para peserta yang akan melaksanakan tes.

Dilansir dari situs utbk.ipb.ac.id, pusat UTBK IPB diprioritaskan untuk sisiwa yang berdomisili di Jabodetabek, Cianjur dan Sukabumi. Semua peserta yang melakukan tes diwajibkan untuk membawa hasil tes antigen yang dialkukan minimal tiga hari sebelum pelaksanaan.

Baca Juga :  Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi 

“Peserta wajib emmbawa hasil test antigen yang dilakukan minimal tiga hari sebelum pelaksanaan,” demikian bunyi penguman yang tertulis di situs resmi ipb tersebut.

Tak hanya itu, pserta yang memilih pusat ujian IPB juga wajib mengisikan formulir protokol Covid-19, termasuk pengantar (jika ada). Sebelumnya, LTMPT juga telah menegaskan bahwa pelaksanaan UTBK 2021 yang berlangsung di masa wabah memerlukan persiapan protokol skesehata, lokasi ujian, sumber daya manusia, fasilitas penunjang dan alur pelaksanaan yang mengikuti ketentuan prokes Covid-19.

Sebagai informasi, SBMPTN 2021 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN, PTKIN, dan politeknik negeri masing-masing. Secara umum, peserta diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN dan penerimaan di PTN pada tahun yang sama.

Baca Juga :  Pengidap Migrain Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Sementara itu, tahun lalu pelaksanaan UTBk  juga dialksanaka di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, tidak semua peserta wajib melampirkan hasil pemeriksaan rapid test. Budi Prasetyo selaku Ketua Pelaksana LTMPT menyebut, jika surat pemeriksaan negatif Covid-19 itu disesuaikan dengan kebijakan pusat UTBK masing-masin.

Akan tetapi, dengan adanya pengumuman resmi dari IPB tersebut menunjukkan bahwa seluruh peserta IPB diharuskan membawa surat tes antigen serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lokasi ujian.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait