Inovatif! UB Tech Luncurkan Marutaarka Energy, Sumber Energi Listrik dari Angin dan Matahari - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Inovatif! UB Tech Luncurkan Marutaarka Energy, Sumber Energi Listrik dari Angin dan Matahari
Marutaarka Energy, energi alternatif masa depan. (Foto: Dokumentasi UB Tech)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Inovatif! UB Tech Luncurkan Marutaarka Energy, Sumber Energi Listrik dari Angin dan Matahari

Satukanal.com, Malang Diinisiasi dari Program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya Malang, UB Tech menghasilkan inovasi Marutaarka Energy, sumber listrik alternatif energi angin dan matahari. Sasaran proyek saat ini masyarakat pesisir Malang Selatan, tepatnya di Desa Bantur, Kabupaten Malang.

“Sebenarnya, sasarannya masyarakat secara luas. Tapi, kali ini diarahkan terlebih dahulu di ruang rural yang masih belum terjangkau energi listrik. Ke depannya sedang mengembangkan produk ini, supaya bisa dimanfaatkan di ruang urban,” kata Redy Eko Prastyo, manajer Promosi dan Marketing UB Tech.

Menurut Redy, Marutaarka Energy pengembangan dari Surya Bayu, program UB Tech sebelumnya yang dikemas dan diformulasikan sehingga berguna bagi masyarakat secara luas. Setelah meneliti selama setahun, UB Tech akhirnya melaunching Marutaarka Energy pada 10 Oktober 2021. “Akhir bulan kami akan mengecek lagi untuk pengembangan alatnya,” ungkap Redy.

Baca Juga :  Dana Minim Tetap Bisa Kuliah di Luar Negeri? Ini Rekomendasi dan Tipsnya

Matuarka Energy ini ditempatkan di area yang langsung terkena angin dan matahari dan bisa menghasilkan listrik  500 watt. Bisa dimanfaatkan 5-10 kepala keluarga.

Marutaarka Energy disiapkan selama setahun. (foto: Dokumentasi UB Tech)

Sementara ini, lanjut dia, UB Tech bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB dan juga pihak fakultas. Sebab yang mempunyai otoritas dalam bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah kedua lembaga tersebut. “Peluncuran produk ini juga sebagai komitmen menggerakkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat,” ungkap pria kelahiran Situbondo ini.

UB Tech, lanjut Redy, juga tidak menutup untuk melakukan kerja sama dengan pihak eksternal kampus. UB Tech juga sempat berdiskusi untuk marketing representative di Jakarta serta merencanakan untuk bekerjasama dengan pihak eksternal, seperti dengan komunitas pembakti jaringan kampung di Indonesia.

Baca Juga :  Lukisan-Lukisan Mahasiswa UB Malang yang Mengekspresikan Liku-liku Hidup

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya energi listrik menjadi kebutuhan pokok masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki topografi kepulauan yang sayangnya masih terdapat daerah-daerah pelosok kesulitan mengakses energi listrik.

Besar harapan dari UB Tech supaya teknologi yang sangat mendukung green energy dan pembangunan berkelanjutan ini dapat diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Sampai saat ini UB Tech sedang mengupayakan Marutaarka Energy dapat digunakan secara portable dan praktis untuk digunakan.

“Tim kami juga telah memberikan workshop ke masyarakat sekitar mengenai perawatan, penggunaan, dan merangkai produk ini. Tujuannya supaya masyarakat mendapatkan pengetahuan dari fungsi teknologi ini,” jelas Redy.

 

 

Pewarta : Lutfia 
Editor : Danu S 

Kanal Terkait