Ini Wilayah di Jawa Timur Penghasil Pecel Terenak, Udah Coba? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ini Wilayah di Jawa Timur Penghasil Pecel Terenak, Udah Coba?
Ilustrasi Pecel makanan khas Jawa Timur
BERITA Kanal Straight

Ini Wilayah di Jawa Timur Penghasil Pecel Terenak, Udah Coba?

Satukanal.com, Nasional – Pecel, siapa yang tidak tau dengan makanan satu ini. Pecel merupakan makanan tradisional berupa bermacam sayuran yang direbus dan dimakan dengan bumbu kacang dan peyek.

Sayurannya pun bisa bermacam-macam, tapi yang paling sering digunakan biasanya kangkung, tauge, dan kacang panjang. Bumbu kacangnya sendiri adalah perpaduan dari kacang tanah yang digoreng, bawang merah, bawang putih, gula merah, kencur, daun jeruk purut, dan cabai.

Makanan sehat satu ini memang salah satu menu yang terkenal di Jawa Timur. Selain pecel dari madiun, masih ada beberapa wilayah di Jawa Timur penghasil pecel yang tak kalah enaknya. Penasaran? simak ulasan dari Satukanal.com berikut ini.

1. Pecel Madiun

Salah satu yang paling terkenal adalah pecel khas Madiun. Kota ini punya pecel pincuk yang nikmat. Pecel ini terdiri dari daun singkong, mentimun, petai cina, taoge, dan kemangi yang disiram bumbu kacang di atasnya.

Kebanyakan masyarakat di sana biasa menyantapnya dengan nasi. Biar makin nikmat, pecel pincuk ditambahkan dengan rempeyek kacang dan tempe mendoan. Pecel ini juga disajikan dengan daun pisang yang dipincuk, rasanya luar biasa.

Baca Juga :  Aturan Ibadah Natal di Tahun 2021, Simak Selangkapnya

2. Pecel Ponorogo

Seperti pecel pada umumnya, pecel Ponorogo juga terdiri dari berbagai sayuran yang direbus sehingga tidak hanya mengenyangkan dan lezat, pecel Ponorogo juga menyehatkan karena terdapat berbagai sayur didalamnya.

Namun ada pembeda dari pecel Ponorogo dengan pecel-pecel daerah lainnya. Pecel Ponorogo memiliki rasa yang sedikit pedas. Selain itu sambal/saus pecelnya pun memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan pecel lainnya.

Uniknya juga pecel Ponorogo biasanya disantap dengan lauk pendamping seperti tempe goreng tepung dengan ukuran besar, dan berbagai gorengan lainnya tergantung ketersediaan dari tempat makan.

3. Pecel Kediri

Di kota Kediri terdapat sajian kuliner istimewa yang menjadi favorit masyarakat Kediri dan para wisatawan yang datang, kuliner tradisional tersebut adalah Nasi Pecel. Pecel Kediri ini memiliki ciri khas, yakni sambal pecel khas Kediri adalah kencur, sehingga rasanya semakin legit dan beraroma rempah.

Aneka sayuran dan sambal tumpang yang merupakan ciri khasnya. Sambal tumpang yang bumbunya komplit ini memiliki citarasa pedas, asin, gurih berpadu dengan sambal pecel yang pedas manis. Diatasnya ditaburi lalapan mentimun, lamtoro dan daun kemangi. Terdapat juga lauk yang beragam seperti telur, perkedel singkong, tempe dan tahu goreng yang dapat dipilih sesuai selera.

Baca Juga :  Fitur "Add Yours" Instagram, Kominfo Ingatkan Potensi Pencurian Data Pribadi

4. Pecel Blitar

Di Blitar dapat kita jumpai di setiap sudut terdapat warung pecel. Pecel sendiri sering dijadikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Blitar. Selain praktis pembuatannya, pecel sendiri mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Seporsi pecel sudah terdapat karbohidrat, protein, dan vitamin dari sayur mayur.

Nasi pecel sendiri tersusun dari nasi yang disajikan dengan sayur-sayuran yang direbus atau disebut kulupan dengan siraman sambal kacang atau sambal pecel itu sendiri. Selain itu juga dilengkapi dengan lauk seperti tahu dan tempe goreng, dan rempeyek kacang. Sayur yang digunakan bebas jenisnya, seperti sawi, kecambah, bunga turi, kecipir, kacang panjang, dan sebagainya.

Itu tadi rekomendasi wilayah di Jawa Timur yang memiliki sajian pecel terenak. Selain rasanya yang enak dan khas, sajian pecel tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau. Bagi kalian yang mampir berwisata ke lokasi tersebut kalian patut mencobannya.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait