Ini Tips Jaga Kebersihan Rumah Saat Pandemi Agar Keluarga Tetap Sehat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ini Tips Jaga Kebersihan Rumah Saat Pandemi Agar Keluarga Tetap Sehat
BERITA

Ini Tips Jaga Kebersihan Rumah Saat Pandemi Agar Keluarga Tetap Sehat

Satukanal.com, Nasional – Pasa masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebersihan rumah menjadi foktor penting agar keluarga tetap sehat. Sebab, penularan Covid-19 sudah mengancam hingga ke unit sosial terkecil di masyarakat, yaitu lingkungan keluarga.

Ketika usai melakukan aktifitas di luar rumah, rumah yang menjadi tempat melepas lelah dan menjadi tempat yang paling nyaman. Namun, apabila kondisi rumah kotor maka akan menyimpan banyak kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Karenanya, penting untuk memastikan agar kondisi rumah tetap bersih. Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan rumah yang paling ampuh saat tengah pandemi? Berikut adalah beberapa tips dari Satukanal.com.

1. Memastikan tidak ada pakaian kotor yang menumpuk

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus Covid-19 dapat bertahan beberapa jam di permukaan kain, tak terkecuali pakaian yang sedang kalian gunakan. Karenanya, kegiatan mencuci harus dilakukan dengan benar demi mencegah penularan virus ini dan berbagai bakteri dan kuman berbahaya lainnya.
Sehingga, jangan biarkan pakaian kotor kalian menumpuk terlalu lama. Pakaian yang menumpuk dan berserakan di mana-mana bisa menjadi tempat virus berkumpul. Selain itu pakaian kotor yang menumpuk juga bisa menimbulkan bau tak sedap dan bisa menjadi sarang nyamuk demam berdarah.

2. Rutin membersihkan kasur dan sofa

Saat pandemi, kasur tidak hanya untuk mlepas penat setelah seharian beraktivitas. Sejak pandemi pastinya kita kerap melakukan banyak aktivitas yang dilakukan di atas kasur, bukan? Hal ini tentunya membuat kasur lebih cepat kotor.

Baca Juga :  Wadahi Para Seniman, Upaya Pemkab Wujudkan Kabupaten Malang Spirit Unity In Diversity

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kasur tetap bersih. Misalnya, mengganti seprai, seprai bantal dan guling, serta selimut. Kalian juga dapat menggunakan vacuum untuk menyedot debu pada kasur secara rutin.

3. Rutin membersihkan kamar mandi

Perlu diketahui bahwa kamar mandi juga bisa menjadi tempat yang paling rentan sebagai “sarang” mikroba dan kuman, terutama jika tidak dijaga kebersihannya. Penting untuk memastikan cara membersihkan kamar mandi yang benar, misalnya dengan rutin membersihkan kloset, wastafel, keran, shower serta lantai dan dinding kamar mandi.

Apabila saat membersihkan kamar mandi terdapat noda atau kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan, jangan khawatir. Kalian bisa memanfaatkan pembersih kamar mandi yang dapat dibeli dibeberapa supermarket.

Baca Juga :  Kabar Gembira! Pendaftaran Beasiswa LPDP Sudah Dibuka

4. Rutin membersihkan dapur dan peralatan masak

Peralatan masak menjadi senjata perang kita saat hendak membuat makanan. Meskipun begitu, kalian juga harus rutin membersihkan peralatannya, ketika akan memulai memasak bahkan saat selesai memasak Termasuk peralatan yang sudah jarang digunakan.

Melansir laman BBC, talenan dan peralatan memotong lainnya mengandung bakteri 200 kali lebih banyak jika tidak dibersihkan secara benar. Sehingga, peralatan dapur sebaiknya dibersihkan dengan merendamnya dengan air panas serta sabun agar bakteri atau virus yang menempel mati.

5. Rutin membersihkan area bermain anak

Agar kesehatan anak-anak dapat terjaga saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kebersihan rumah juga menjadi salah satu kewajiban ekstra yang harus terus dijaga. Apabila kalian memiliki anak-anak yang masih balita, maka kalian memiliki peran ekstra untuk menjamin kebersihannya. Orang tua perlu rutin membersihkan seluruh mainan milik anak-anaknya agar tidak ada bakteri maupun virus yang dapat masuk ke tubuh anak-anak.

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait