Ini Resep Kota Batu Bisa Mendapat Penghargaan Destinasi Wisata Halal Unggulan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Ini Resep Kota Batu Bisa Mendapat Penghargaan Destinasi Wisata Halal Unggulan

Mengembangkan wisatawa halal memang sudah sejak lama merupakan komitmen dari Kota Batu sebagai tempat wisata. Komitmen inilah yang akhirnya menghantarkan Kota Batu meraih penghargaan sebagai destinasi wisata halal unggulan oleh Indonesia Muslim Travel Index (IMTI).

Lalu apa saja yang bisa membuat Kota Batu menjadi salah satu peraih penghargaan dari daftar 17 Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan ini. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan, komitmen mengembangkan wisata halal di Kota Batu ini sudah diterapkan sejak lama.

“Penghargaan ini memang kali pertamanya kita dapatkan. Itu berkat komitmen kami, salah satunya adanya arah kiblat di kamar hotel di Kota Batu,” kata Imam, Rabu (10/4/2019).

Kemudian restoran-restoran di Kota Batu rata-rata makanan yang disajikan merupakan menu halal. “Makanan di luar halal di Kota Batu jarang dijumpai, dan memang rata-rata menyuguhkan menu halal,” imbuhnya saat dikonfirmasi Kami.

Baca Juga :  Level PPKM Turun, Okupansi Hotel Kota Batu Merangkak Naik

Selain itu juga terdapat informasi jadwal salat mulai dari tempat wisata, hotel, dan sebagainya. Saat ibadah puasa juga menyediakan menu berbuka dan sahur di hotel. 

“Lalu juga menyediakan musala dengan fasilitas kamar mandi yang terpisah. Dan memang kehalalannya bisa dijamin,” tambah pria yang juga Sfat Ahli Pemkot Batu ini.

Menurutnya selain point-point di atas itu, hadirnya wisatawan muslim menjadi salah satu diraihnya penghargaan tersebut. Juga akses tempat ibadah mudah dan bersih. 

Dengan diraihnya penghargaan ini lanjut Imam, komitmen wisatawan halal tentunya harus ditingkatkan. Lalu ke depan perlu adanya sertifikasi bagi restoran di Kota Batu. “Ke depannya sertifikasi halal untuk restoran ini harus jalan juga di Kota Batu,” harapnya. 

Baca Juga :  Angka Kesembuhan Tinggi, Kasus Covid-19 Kota Batu Terus Melandai

Sedang penghargaan ini diberikan dalam acara Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference 2019 di Bidakara Hotel Jakarta, Selasa (9/4/2019) kemarin. Yang langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahyadi kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono.

Kota Batu masuk dalam daftar 17 Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan ini. Selain itu Pemerintah Kota Batu bersama delapan Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia menandatangani nota kesepahaman untuk pengembangan destinasi wisata halal bersama Kementrian Pariwisata, karena mempunyai potensi baru mendorong untuk menerapkam standar wisata halal Indonesia Muslim Travel Index.

8 pemerintahan lainnya itu antara lain Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Tanjung Pinang, Kota Bandung dan Kota Pekanbaru.

Kanal Terkait