SATUKANAL.COM
Prosedur Pendaftaran Bakal
Foto: Rakor Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pilkada 2020 (Anis Firmansyah)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Ini Prosedur Datang di Pendaftaran Bakal Cabup Kediri

SATUKANAL, KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) paparkan prosedur alur pendaftaran menjelang persiapan terakhir Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

Anwar Anshori, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU menjelaskan, skenario ini adalah masukan dari Gugus Tugas Covid dan Dinas Kesehatan dalam Rakor Penerimaan Pendaftaran Bakal Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.

“Untuk alur pendaftaran ini kami telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan Setempat,” jelasnya.

Untuk prosedur pendaftaran bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kediri Anawar menyebut sebagai berikut:

  • Pertama, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) datang bersama rombongan pengusung membawa berkas dan melakukan koordinasi dengan Tim Helpdesk KPU. Selanjutnya mengisi buku tamu serta pembagian Id Card dan stiker bagi Tim Pengusung.
  • Kedua, memasuki ruangan dilakukan pengecekan suhu, penggunaan handsanitizer, dan mewajibkan masker sebelum memasuki gedung. Selanjutnya dilakukan sterilisasi keseluruhan untuk memasuki ruangan.
  • Ketiga, panitia KPU juga menyediakan kursi berjarak 1 meter dengan undangan yang tersedia. Selanjutnya penyerahan dokumen pasangan calon ke Tim Pemeriksa Berkas.
  • Keempat, pemeriksaan berkas akan dilakukan pendampingan dengan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Selanjutnya Tim Pemeriksa mengumumkan kelengkapan berkas serta mendapatkan Surat Pengantar Pemeriksaan Kesehatan oleh KPU.
  • Selanjutnya pengambilan sesi foto dibagi menjadi tiga sesi. Pertama Bapaslon bersama partai pengusung. Kedua Bapaslon bersama KPU. Dan yang ketiga Bapaslon bersama KPU dan Bawaslu.
Baca Juga :  PPP Akhirnya Rekom Anak Pramono

“Tiap Parpol maksimal membawa 10 orang tidak diperkenankan lebih.” Pungkas Anwar.

 

Pewarta : Anis Firmasnyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait