SATUKANAL.COM
Ini Penjelasan KPU Kabupaten Kediri Apabila Kotak Kosong Menang
Anwar Anshori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Ini Penjelasan KPU Kabupaten Kediri Apabila Kotak Kosong Menang

SATUKANAL, KEDIRI – Kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 telah pasti hanya diikuti satu pasangan calon. Kotak kosong adalah satu-satunya lawan dari mereka berdua.

Satu pasangan calon tersebut adalah anak dari Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramono yang berpasangan dengan Dewi Maria Ulfa.

Dengan hanya diikuti satu pasangan calon saja, Dhito-Dewi sapaan akrab keduanya itu akan melawan kolom kosong dalam pencoblosan nantinya.

Lalu, bagaimana jika nantinya suara calon tunggal kalah dibanding kolom kosong berdasarkan hasil perhitungan KPU?

Anwar Anshori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan, secara hak konstitusional kolom kosong diperbolehkan. Hal tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada jika Pilkada hanya diikuti calon tunggal.

Baca Juga :  Jadwal Maju Persik Kediri Jadi Tim Pembuka Melawan PSS Sleman

Dalam Pasal 54 D diatur, pemenang Pilkada dengan calon tunggal harus memperoleh suara lebih dari 50 persen suara sah. Jika suara tidak mencapai lebih dari 50 persen, maka pasangan calon yang kalah boleh mencalonkan lagi dalam pemilihan berikutnya.

“Maka tinggal nanti masyarakat ada dua pilihan, sudah di ambil dan Kita tetapkan Paslon Dhito-Dewi menempati kolom kiri, sedangkan kolom kosong ada di sisi kanan,” katanya.

Anwar juga mengungkapkan apabila kolom kosong yang mendapatkan suara lebih banyak, maka KPU akan menyampaikan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemndagri) melalui KPU RI berkaitan dengan hasil pemilihan ini.

“Maka hasil koordinasinya akan ada pejabat yang ditunjuk oleh Kemendagri untuk memimpin sementara daerah yang mengadakan pemilu, apabila kolom kosong mendapatkan suara lebih dari 50 persen,” ungkapnya.

Baca Juga :  Santri Kediri Siap Hadapi Era 4.0

Ia juga menjelaskan aturan terkait pemilihan penetapan calon tunggal, termasuk bentuk jenis form dalam pemungutan suara di PKPU 13Tahun 2018.

“Jadi kolom kosong ini yang kita fasilitasi ke masyarakat, ketika Paslon ini tidak menjadi pilihan dalam pemungutan suara,” jelasnya.

Tahap selanjutnya, KPU akan mempersiapkan dan berkoordinasi terkait jumlah dan pelaksanaan logistik pemilu.

“Kami sudah mulai mempersiapkan berkaitan untuk logistik , pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK), dan koordinasi Paslon yang akan dipakai di surat suara supaya ketersediaan jumlah dan pelaksanaan nanti tepat waktu,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait