Ingin Terhindar dari Covid-19? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Terhindar dari Covid-19? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!
ilustrasi Covid-19 (foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Viral

Ingin Terhindar dari Covid-19? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

Satukanal.comNasional – Saat ini serangan dari virus Covid-19 masih muncul di daerah sekitar kita. Tidak heran, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi serta berhati-hati dalam menjaga kesehatan diri kita agar terhindar dari virus tersebut.

Selain tetap waspada dan hati-hati, pencegahan Covid-19 masih harus tetap dilakukan. Menurut Aturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini, simak selengkapnya.

1. Mencuci tangan dengan benar

Pencegahan dapat dilakukan dengan mencuci tangan secara teratur memakai sabun dan air mengalir selama 40-60 detik. Bisa juga menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol (handsanitizer) minimal 20-30 detik.

Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih. Mencuci tangan sampai bersih juga dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita.

2. Memakai Masker

Langkah pencegahan Covid-19 berikutnya dengan menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut jika harus keluar rumah. Masker harus digunakan saat harus berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga :  Ini Rekomendasi 5 Mie Terpedas di Dunia, Berminat Mencoba?

Gunakan masker dengan tepat, tidak membuka tutup masker, dan tidak menyentuh permukaan masker. Bila tanpa sengaja menyentuh, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

3. Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Selain itu, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain juga dapat dilakukan sebagai pencegahan Covid-19. Hal ini bertujuan untuk menghindari terkena droplet dari orang yang batuk atau bersin yang tidak diketahui status kesehatannya.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Cara-cara yang bisa diterapkan, seperti:

  • Mengkonsumsi gizi seimbang,
  • Minum air putih yang cukup,
  • Beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari,
  • Istirahat yang cukup.

5. Menghindari Stres

Stres dapat memicu datangnya penyakit, sehingga penting untuk menghindari stres untuk pencegahan Covid-19, mulai dari melakukan kegiatan dan hobi yang disukai. Hal ini dapat memicu rasa senang dan gembira agar tidak stres saat berada di rumah saja.

Baca Juga :  Bantu Pelaku Pariwisata, Kemenparekraf Siapkan Bantuan 1,8 Juta

6. Hindari Berkumpul

Virus Covid-19 dapat terjadi pada siapa saja, entah itu saudara bahkan keluarga terdekat. Untuk itu hindari berkumpul bersama teman dan keluarga sebagai pencegahan Covid-19, termasuk berkunjung/bersilaturahmi/mengunjungi orang sakit/melahirkan tatap muka dan menunda kegiatan bersama.

7. Mandi usai beraktivitas diluar rumah

Apabila diharuskan untuk bepergian karena urusan penting, segera mandi dan berganti pakaian saat kembali tiba di rumah. Hal ini sebagai pencegahan Covid-19 agar tidak menularkan virus dari luar, terutama kepada anggota keluarga yang berada di rumah.

8. Hindari Bepergian ke Luar Rumah

Pencegahan Covid-19 juga dapat diterapkan dengan menghindari bepergian ke luar rumah terutama saat tubuh kurang sehat. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan tubuh tertular virus Covid-19.

Selain langkah-langkah diatas, program vaksinasi Covid-19 menjadi strategi penting untuk bisa keluar dari krisis pandemi. Meski begitu, vaksinasi bukan menjadi solusi tunggal, lantaran tetap wajib dibarengi dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan program mitigasi lainnya.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait