Ingin Staycation di Hotel? Kenali Perbedaan Bintang 1 Hingga 5 Sebelum Menginap - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
staycation kota batu
Ilustrasi kamar hotel (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Ingin Staycation di Hotel? Kenali Perbedaan Bintang 1 Hingga 5 Sebelum Menginap

Satukanal.com, Nasional – Hotel berbintang memiliki lima klasifikasi, meliputi hotel bintang 1 hingga 5. Setiap kelas hotel ini tentunya menyuguhkan fasilitas dan pengalaman menginap yang berbeda bagi pengunjung.

Sebuah hotel bisa dikatakan hotel berbintang apabila telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM 53/HM.001/MPEK/2013 Tentang Standar Usaha Hotel.

lalu apa artinya dari klasifikasi hotel berbintang ini? dan apa saja perbedaan hotel bintang 1, 2, 3, 4, hingga hotel bintang 5? Simak penjelasan berikut ini.

1. Hotel Bintang 1

Peringkat satu bintang sering kali berarti sebuah properti tidak memiliki embel-embel dan hanya menawarkan akomodasi dasar. Peringkat satu bintang tidak selalu berarti sebuah hotel kotor, tidak terawat, atau berada di lokasi yang buruk. Ini berarti kamu akan memiliki tempat untuk tidur, dan itu saja.

2. Hotel Bintang 2

Perbedaan antara hotel bintang satu dengan bintang dua terletak pada unsur kamar tidur tamu di mana harus ada night table atau bed side table, tersedia lampu baca, cermin panjang, dan tersedia saluran komunikasi internal dan eksternal.

Baca Juga :  Pola Hidup Sehat Usia 50 Tahun ke Atas, Perbanyak Makan Ini

Selain itu, hotel bintang dua juga berbeda dengan bintang satu karena memiliki ruang rapat. Ruang ini dilengkapi dengan perlengkapan dan peralatan termasuk audio visual.

3. Hotel Bintang 3

Terdapat beberapa tambahan fasilitas dalam aspek produk hotel bintang tiga. Seperti halnya tersedia taman atau landscape. Baik di dalam maupun di luar bangunan hotel. Selain itu ada tanaman di dalam bangunan hotel. Kemudian, ada lift untuk tamu dan karyawan.

Berbeda dengan hotel bintang satu dan dua yang hanya memiliki lift untuk tamu. Untuk kamar tidur tamu, telah tersedia kamar suite, meja dan kursi duduk atau kerja, rak koper, jaringan internet, coffe-tea maker set, hingga peralatan tulis.

Selain itu, terdapat fasiltas ruang makan dan minum (F&B outlets) sekaligus menu, serta sarana olahraga, rekreasi, dan kebugaran.

4. Hotel Bintang 4

Hotel bintang empat juga harus ada fasilitas tambahan berupa business center dan area belanja pada aspek produk. Pada kamar tidur tamu, hotel bintang empat juga harus menyediakan kamar yang sudah dilengkapi dengan sistem penghemat energi.

Baca Juga :  5 Fakta Doni Salmanan, Dulu Tukang Parkir Kini Jadi Crazy Rich Bandung

Kamar tidur juga dilengkapi dengan alat pendeteksi asap dan sprinkler dan punya kamar tidur untuk tamu dengan keterbatasan fisik. Fasilitas tambahan lainnya adalah kamar memiliki individual safe deposit box, sedangkan untuk kamar mandi tersedia untuk tamu dengan keterbatasan fisik minimal hotel dengan 200 kamar.

5. Hotel Bintang 5

Properti yang terdapat pada hotel bintang lima menyediakan layanan tamu sempurna di fasilitas mutakhir. Sebagai properti bintang lima, seperti pilihan bersantap premium dan layanan yang dipersonalisasi untuk para tamunya.

Tanpa mengabaikan detail, hotel-hotel ini biasanya bahkan menyediakan perlengkapan mandi mewah untuk para tamu. Sementara untuk aspek pelayanan dan pengelolaan tidak jauh berbeda dengan hotel bintang empat. Namun yang pasti, hotel bintang lima jauh lebih profesional dan berkelas dibandingkan kelas hotel lainnya.

Itu tadi beberapa perbedaan pelayanan dan fasilitas di hotel bintang 1 Hingga 5. Selain adanya perbedaan pelayanan dan fasilitas, harga dari tiap hotel berbintang akan berbeda. Nah, kalian berminat staycation di hotel mana nih?

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait