Ingin Gelar Event di Saat Pandemi?, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Gelar Event di Kota Malang ?, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
Kanal Highlight Kanal Straight

Ingin Gelar Event di Saat Pandemi?, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Satukanal.com, Malang – Berbicara mengenai izin digelarnya beberapa event di saat pandemi Covid-19, turut mendapat respon positif dari Wali Kota Malang Sutiaji. Gelaran acara yang mengundang keramaian, tentunya akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Menurut Sutiaji, dirinya membolehkan adanya kegiatan seperti hiburan musik, budaya, olahraga dan beberapa event lain yang digelar beriringan dengan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang masih berjalan hingga saat ini.

Diperbolehkannya menggelar event ditengah pandemi ini, didasarkan dari pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Menurut Sandi, ada syarat yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara. Hal tersebut turut dikoordinasikan bersama dengan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Persyaratan tersebut yakni, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan memenuhi unsur CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Baca Juga :  Bapenda Malang Optimis Pajak Melebihi Target

Merespon pernyataan dari Kemenparekraf, Sutiaji menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan event, dengan mematuhi beberapa ketentuan perizinan yang diatur oleh Pemerintah Kota Malang.

Berikut adalah beberapa ketentuan menggelar konser musik di Kota Malang saat pandemi Covid-19 :

  1. Alat band tidak boleh dipakai secara bergantian dan diusahakan menggunakan peralatan pribadi
  2. Pemakaian masker bagi penampil boleh dilepas sementara dan digantikan faceshield pada saat perform
  3. Pembatasan aktivitas di keramaian, maksimal 75 persen dari kapasitas total tempat
  4. Jika terdapat temuan pelanggaran, maka pihak Event Orgenizer (EO) sebagai penyelenggara kegiatan yang harus bertanggung jawab.

Selain itu, perizinan event olahraga juga telah di perbolehkan. Sutiaji menyampaikan, Bagi para Olahragawan diperbolehkan untuk melepas masker sementara dan diganti dengan faceshield.

Dalam hal ini, Sutiaji juga tetap menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap mematuhi segala aturan pada PPKM Mikro yang hingga kini masih di perpanjang sampai 22 Maret 2021 mendatang.

Baca Juga :  Level PPKM Kota Malang Turun, BOR Tinggal 22 Persen

Peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat akan Protokol kesehatan (Prokes) menjadi salah satu kunci penting yang harus dibangun dengan baik agar kasus pasien positif Covid-19 di Kota Malang kembali melandai.

Sejak dirilisnya pernyataan Wali Kota Sutiaji mengenai izin event. Saat ini, Kota Malang masih belum mengizinkan diselenggarakannya beberapa kegiatan, seperti pembukaan taman, tempat karaoke dan beberapa lokasi hiburan malam.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait