Ingin Dapat Subsidi Dana dari ‘Beasiswa Jadi PNS’? Begini Syarat Dan Ketentuannya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Dapat Subsidi Dana dari ‘Beasiswa Jadi PNS’? Begini Syarat Dan Ketentuannya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ingin Dapat Subsidi Dana dari ‘Beasiswa Jadi PNS’? Begini Syarat Dan Ketentuannya

SATUKANAL.com, NASIONAL– ‘Beasiswa Jadi PNS’ memberikan subsidi dana pendidikan dan pelatihan untuk mahasiswa pada jenjang diploma (D1/D2/D3/D4) daan sarjana (S1).

Program ini diselenggarakan oleh komunitas pemuda jadi PNS yang didirikan oleh Jaya Setiawan Gulo dan Zamy Prabowo. ‘Beasiswa jadi PNS’ adalah komunitas yang memberikan dukungan dana serta mentoring untuk seluruh anak muda Indonesia. Menurut pendiri dari komunitas ini, mengatakan bahwa komunitas ini bertujuan juga untuk menciptakan pemimin negeri masa depan.

Gulo sendiri merupakan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berhasil meraih 3 terbaik dalam kategori Pegawai Neeri Sipil (PNS) Inspiratif Anugerah ASN tingkat nasional pada 2019. Gulo dan Zamy membentuk Beasiswa Jadi PNS dengan menyisihkan sebagian gaji mereka untuk siswa SMA dan mahasiswa.

Menurutnya, Beasiswa Jadi PNS pun menjadi salah satu bentuk pengabdian dan cinta Gulo serta Zamy kepada ibu pertiwi dalam mendukung pendidikan di Indonesia. “Kami ingin menginspirasi anak muda untuk bisa menjadi pemimpin negeri yang berintegritas dan cerdas di masa depan,” Ujar Gulo yang dikutip dari kompas.com pada Senin (5/10/2020)

Baca Juga :  Mahasiswa Unair Ciptakan Hand Sanitizer Dari Limbah Nasi

Gulo juga berharap dengan adanya komunitas serta pemberian Beasiswa Jadi PNS, ia ingin orang lain melihat ASN muda dapa melakukan hal-hal inspiratif. “Harapannya, dari talenta muda terbaik ini ada yang mau menjadi ASN muda inspiratif seperti yang kamu gunakan,”ungkapnya.

Beasiswa yang diberikan komunitas ini terbagi menjadi 5 kategori yaitu beasiswa SMA/SMK/MA/Sederajat berprestasi, SMA/SMK/MA/Sederajat kurang mampu, mahasiswa berprestasi, mahasiswa kurang mampu serta umum.

Sedangkan untuk beasiswa umum, komunitas ini memberikannya kepada siswa SMA maupun mahasiswa yang sedang membutuhkan dana untuk pendidikan, pengembangan diri, proyek dan lain-lain.

Cakupan pemberian beasiswa Jadi PNS kategori umum dan mahasiswa ini yaitu Beasiswa umum sebesar Rp 750.000 per 3 bulan dalam setahun. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi sebesar Rp 850.000 per 3 bulan dalam setahun. Serta Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu sebesar Rp 850.000 per 3 bulan dalam setahun.

Selain itu, bagi mahasiswa yang bergabung dengan program ini juga akan menjadi ambassador program Jadi PNS, mendapatkan kelas mentoring eksklusif dengan Jadi PNS, berkesempatan menjadi host atau moderator dalam prgram Jadi PNS, mendapatkan relasi nasional aupun nternasional serta memperoleh postcard motivasi lansung dari Korea Selatan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Korea Selatan.

Baca Juga :  Kemendikbud Luncurkan Program Merdeka Belajar Untuk Perguruan Tinggi

Sedangkan untuk persyaratan umum bagi pelamar diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI), Mahasiswa aktif D1/D2/D3/D4/S1, tidak ada minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan bagi penerima beasiswa pemerintah atau swasta diperbolehkan mendaftar.

Untuk info serta penjelasan lebih lengkapnya terkait persaratan khusus beasiswa ini serta timeline proses seleksi dapat dilihat di akun instagram ‘Beasiswa Jadi PNS’. Pada akun tersebut dapat dilihat terkait waktu pendaftaran hingga pengumuman hasil penerima Beasiswa Jadi PNS. Selain itu juga ada seputar tanya jawab terkait beasiswa yang dapat dilihat di simpanan instastory instagram akun ini.

 

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait