Ingatkan Potensi Karhutla, Awal Musim Kemarau Diperkirakan Mei Dan Juni - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingatkan Potensi Karhutla, Awal Musim Kemarau Diperkirakan Mei Dan Juni
Kanal Straight

Ingatkan Potensi Karhutla, Awal Musim Kemarau Diperkirakan Mei Dan Juni

SATUKANAL.com, NASIONAL– Indonesia diprediksi akan memasuki awal musim kemarau mulai Mei dan Juni 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Gefisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Untuk kondisi musim kemarau, dikatakan dengan sifat normal 53 persen dan di bawah normal 12 persen. Sedangkan, kondisi musim kemarau di atas normal sendiri berarti situasi musim kemarau lebih kering daripada biasanya.

“Awal musim kemarau 2021 di sebagian besar daerah diperkirakan terjadi di bulan Mei dan Juni 2021. Kemudian sifat musim kemarau tersebut di sebagian besar daerha diperkirakan di atas normal 34,8 persen,” ungkap Dwikorita.

Baca Juga :  Battlefield 2042 Sudah Rilis, Ini Spesifikasi PC yang Bisa Untuk Memainkannya!

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa puncak musim kemarau 2021 diperkirakan terjadi pada bulan Agustus 2021 di sebagian besar daerah. “Hal ini penting untuk diperhatikan sebagai antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” imbuhnya.

Atas prediksi awal musim kemarau itu, Dwikorita juga mengingatkan akan aadanya potensi karhutla. Potensi karhutla diprediksi terjadi pada Mei sampai Juli 2021 dalam kategori menengah hingga tinggi. Namun, lanjutnya, potensi karhutla juga berpeluang masih berlangsung pada Agustus hingga September 2021.

Baca Juga :  Ingin Daftar IPDN? Siapkan Dokumen dan Persyaratan Berikut Ini

“Potensi kategori karhutla menengah hingga tinggi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, sebagian Nusa Tenggara barat sebagian Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, adanya potensi curah hujan juga diperkirakan terjadi hingga pekan depan yakni 22-27 Maret 2021 dengan intensitas lebat. Beberapa daerah di Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa barat dan Jawa Timur juga diperkirakan masih terjadi.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait