SATUKANAL.COM
BERITA

Ikuti Festival Kopi, Peserta Akui Baru Pertama Mengetahui Seluk Beluk Kopi

Satuchannel.com, Kabupaten Malang – Festival kopi yang bertajuk ‘Coffee Trip Education’ yang diadakan oleh Aku Kuliner Indonesia dan Kopi Karlos berlangsung cukup meriah di Karangploso, Minggu (17/9).

Meski sejak pagi harus berpetualang di kebun kopi dan lelah, 22 orang peserta yang terdiri dari pecinta kopi, pelaku usaha kopi, dan petani masih antusias mengikuti setiap tahapan materi yang disajikan para ahli kopi.

Peserta saat proses cupping (Aris)

Salah seorang peserta, Arief Fatio mengatakan sangat tertarik dengan suguhan acara ini. Selain karena bisa memberikan pengetahuan baru, sekaligus hiburan juga.

“Seru mas, ada petualangannya di kebun kopi dan itu baru pertama kali saya berkunjung ke kebun kopi dengan ketinggian yang lumayan,” ujar alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Barista berikan materi penyajian kopi (Aris)

Ia menambahkan dengan potensi kopi di Indonesia, sudah seharusnya masyarakat lebih mengenal tentang kopi lokal.

“Kita negara pengeskpor kopi terbesar nomor 3, tapi masyarakatnya sendiri belum tahu potensi kopi lokal termasuk saya,” ujarnya sambil tersenyum.

Pemateri dari Puslit Kopi Dan Kakau, Joko Soemarno (Aris)

Sementara itu, Heri Noverianto peserta asal Pakisaji, Kabupaten Malang menyatakan dirinya baru pertama kali
menjelajah kebun kopi di Karangploso ini.

“Baru tahu kopi Karlos itu seperti apa. Namun kalau kopi, saya sudah dari dulu pecinta kopi,” tuturnya.

Barista saat jelaskan proses roasting (Aris)

Peserta lain, Bambang Irianto asal Kota Batu, pun mengungkapkan hal serupa bahwa baru mengetahui potensi kopi Arabika di Kabupaten Malang ini memang ada.

“Baguslah untuk mengenalkan kopi terutama arabika ke masyarakat utamanya pecinta kopi. Dan memang bagus untuk tren bisnis anak muda,” pungkas pria yang juga pensiunan pegawai bank BUMN ini.

Proses Cupping Kopi Arabika (Aris)

Ia pun mengaku bertambah ilmunya terkait kopi. Menurutnya, ada ketakutan yang mendalam terkait kopi dengan kandungan kafein yang melebihi ambang batas tubuh.

“Padahal tadi dijelaskan kadar maksimal kafein 350 mg atau setara 4 cangkir kopi,” tambahnya.

Kanal Terkait