Ikut SNMPTN 2021? Perhatikan 7 Penyebab Gagalnya Masuk PTN Impian | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ikut SNMPTN 2021? Perhatikan 7 Penyebab Gagalnya Masuk PTN Impian
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ikut SNMPTN 2021? Perhatikan 7 Penyebab Gagalnya Masuk PTN Impian

SATUKANAL.com, NASIONAL– Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka registrasi akun untuk kegiatan SNMPTN 2021 pada 04/01/2021. Dalam website resmi LTMPT juga telah dicantumkan jadwal pelaksanaan SNMPTN 2021 tersebut.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi daring “Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021” (16/12/2020) sempat menginggatkan kepada calon mahasiswa untuk memahami ketentuan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021. Pasalnya, ada beberapa hal yang membuat calon mahasiswa gagal seleksi masuk PTN pada tahun-tahun sebelunya.

SNMPTN merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri), pada SNMPTN calon mahasiswa tidak perlu ikut tes agar dapat diterima di sebuah perguruan tinggi negeri. Proses seleksi yang digunakan dalam SNMPTN yaitu dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik.

Meski demikian, hal tersebutlah yang patut diperhatikan dan digaris bawahi. Karena, pada seleksi SNMPTN nilai yang digunakan yaitu menggunakan nilai rapor sejak kelas 10 hingga kelas 12. Bagaimanapun juga, nilai yang tidak mengalami fluktuatif atau cenderung stabil akan punya kesempatan lebih besar untuk dapat lolos.

Di sisi lain, calon mahasiswa sebagai peserta SNMPTN terkadang tidak memperhatikan hal-hal kecil bahkan sepele ketika proses pendaftaran. Alhasil, banyak dari mereka yang gagal dalam proses seleksi tersebut. Untuk itu, berikut hal-hal kecil yang perlu diperhatikan ketika prose pendaftaran SNMPTN yang harus diperhatikan:

  1. Tidak mengikuti perkembangan jadwal pelaksanaan

Sebagian dari mereka cenderung mengandalkan pihak sekolah untuk senantiasa memberikan informasi terkait jadwal pelaksanaan SNMPTN. Hal tersebut justru akan memicu kesalahan-kesalahan kecil yang sebenarnya tak patut untuk dilakukan. Seperti, telat membuat akun LTMPT, lalai tanggal-tanggal penting serta lalai ketentuan dan persyaratannya.

Padahal, pihak LTMPT telah memasang jadwal pelaksanaan dan sejumlah ketentuannya di website resminya. Untuk itu penting adanya untuk mengetahui, mencatat dan memahami tanggal penting serta ketentuan yang berlaku. Sehingga persiapan dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

  1. Kurang teliti dalam proses pendaftaran

Alur pendaftaran SNMPTN terbilang cukup rumit dan tidak mudah. Pasalnya pada tahun sebelum-sebelumnya, banyak diantara peserta yag tidak lolos SNMPTN karena kurang teliti saat proses pendaftaran. Misalnnya, sekolah harus memastikan sudah mendaftar PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa agar siswa dapat masuk dengan benar dan terverifikasi). Sebagai calon peserta, kalian pun tentunya harus ikut aktif memverifikasi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) serta passwordnya.

Baca Juga :  Tahun 2021, 3 Jenis Bansos Ini Akan Cair

Selain itu, terkadang pesertacuma mengisi data yang ada di situs SNMPTN. Padahal ada kemungkinan beberapa PTN mengharuskan pesertanya untuk mengisi di situs web PTN itu sendiri. Jadi, karena kekurang telitian ini terkadang membuat sebagian dari peserta gagal SNMPTN.

  1. Rekam jejak sekolah pilihan

Masuk PTN melalui jalur SNMPTN bukan keputusan yang dapat dibuat dalam waktu satu malam saja. Sejarah selama tiga tahun akan menjadi penentuan kelulusan SNMPTN. Untuk itu, jika berniat untuk masuk PTN melalui jalur SNMPTN rekam jejak SMA menjadi salah satu penentunya. Seperti halnya dengan akreditasi sekolah, baik itu A, B atau C tentu akan menentukan kuota penerimaan mahasiswa di PTN. Kemudian, alumni sekolah yang masuk ke fakultas yang akan dituju juga akan mempengaruhi hasil akhir penerimaan.

Berbeda halnya jika ada kakak kelas SMA di sekolahmu yang pernah kena blacklist di sebuah Universitas, tentu hal ini benar-benar mempengaruhi proses penerimaannya. Misalkan, kakak kelasmu mendapatkan undangan SNMPTN dan lolos PTN tersebut, tapi tidak diambil oleh yang bersangkutan. Maka, sekolahmu akan turun kredibilitasnya di mata PTN itu. Selain itu, jika ada kaka kelas mu yang sudah berkuliah di PTN tersebut dan melakukan tindakan kriminal maka secara tidak langsung, sekolahmu juga akan mendapatkan blacklist.

  1. Tidak peduli dengan nilai rapor sejak awal sekolah

Bagi kalian yang berniat menggunakan jalur SNMPTN untuk dapat masuk di PTN favorit, sejak awal sudah harus emmpersiapkan nilai rapor kalian.pasalnya, nilai rapor yang akan dievaluasi adalah nilai rapor semester satu eklas 10 sampai semester satu kelas 12. Jika kalian tidak memperdulikan nilai awal sejak kelas 10 dan hanya mengejar nilai di kelas 12, sudah dipastikan sulit untuk lolos melalui jalur ini. Banyaknya saingan pada jalur SNMPTN dengan akreditasi sekolah yang beragam juga akan mempersulit tingkat kelolosan jalur SNMPTN.

  1. Memilih jurusan favorit yang banyak diminati

Tidak ada salahnya apabila ingin memilih jurusan favorit di sebuah PTN tertentu. Namun, karena rata-rata jurusan favorit banyak diminati juga oleh siswa lain, maka proses seleksi kian ketat sehingga kuota yang diperebutkan juga makin sedikit. Untuk itu, bagi kalian yang tetap ingin memilih jurusan favorit, pertahankan nilai bagusmu dan sampai mengalami penurunan.

  1. Prestasi lain di sekolah

Kegiatan di sekolah akan berdampak positif untuk SNMPTN. Karena prestasi lain selama di sekolah pun turut dipertimbangkan saat mendaftar SNMPTN. Dengan presatsi yang diperoleh di sekolah menandakan bahwa kamu adalah siswa yang aktif dan mempunyai prestasi selain hanya punya nilai bagus. Untuk itu, faktor ini juga patut dipertimbangkan.

  1. Tidak tahu daya tampung PTN

Setiap PTN mempunyai daya tampung yang berbeda-beda. Sehingga, hal tersebut perlu dipertimbangkan saat memilih prodi sebagai sebuah strategi. Misalnya untuk SNMPTN,  meski siswa itu mendapatkan ranking satu di kelas bukan berarti hal tersebut menjadi jaminan akan diterimanya siswa itu di PTN pilihan. Sebab, ranking satu di kelas bukan berarti memperoleh ranking satu juga di pemeringkatan sekolah.

Baca Juga :  Wajib Lulus UTBK - SBMPTN 2021, Jika Inginkan Kuliah Di STAN

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

 

Kanal Terkait