IKA Unair Bagikan 150 Peti Jenazah, RSUD Jombang Dapat Bagian - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bantuan IKA Unair di Jombang (Foto: Anggit Puji/satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

IKA Unair Bagikan 150 Peti Jenazah, RSUD Jombang Dapat Bagian

Satukanal.com, Jombang – Ikatan alumni Universitas Airlangga Surabaya (IKA UNAIR) salurkan bantuan 150 peti jenazah ke 6 rumah sakit di Jawa Timur termasuk RSUD Jombang. Jika dibagi, masing-masing rumah sakit mendapatkab 25 peti.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dan langsung diberikan oleh KH M. Zufikar As’ad, salah satu Ketua Pimpinan Pusat (PP) IKA UNAIR kepada direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran.

Zulfikar As’ad menyebut, penyaluran peti jenazah ini merupakan salah satu dukungan kepada tim medis untuk membantu penanganan jenazah di RSUD Jombang. Dengan adanya bantuan ini, harapannya para medis tidak kesulitan menangani jenazah akibat telatnya stok peti mati.

“Kami menyampaikan amanah dari Bu Khofifah sebagai Ketum IKA UNAIR, semoga dengan adanya bantuan berupa peti jenazah ini biar memperingan penanganan jenazah sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ucapnya pada Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga :  Kursi Lima Kadin Jombang Tak Terisi, Pengamat Khawatir ada Komersialisasi

Pemberian bantuan berupa peti jenazah ini, merupakan bentuk kepedulian IKA UNAIR kepada masyarakat Jombang khususnya kepada tenaga medis yang telah berjuang digarda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Berangkat dari permasalahan yang ada di Jombang, dengan jumlah kematian yang banyak akibat Covid-19. Salah satu problemnya waktu itu penanganan jenazah. Semoga dengan bantuan peti jenazah ini bisa membantu,” ungkapnya.

Pria yang juga menjadi Ketua Umum Arsinu (Asosiasi Rumah Sakit Nahdltul Ulama) ini berpesan agar masyarakat jangan pernah lengah dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, garda terdepan saat ini adalah masyarakat.

“Jangan terlalu mengandalkan rumah sakit, tenaga medis mereka juga sudah kewalahan. Maka sekarang peran masyarakat sangat sentral dalam menengakan protokol kesehatan,” kata Gus Ufik sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Ibunya Meninggal Karena Covid-19, Tiga Bocah di Jombang Terpaksan Masuk Isoter

Sementara itu Jatmiko, Wakil Direktur Keuangan RSUD Jombang mengucapkan banyak terimakasih atas sumbangan yang diberikan oleh IKA UNAIR. Pihaknya, mengakui jika sebelumnya pihak RSUD Jombang telah kewalahan dalam menangani jenazah yang dirawat di RSUD Jombang.

“Awal memang ada kesulitan, namun sekarang sudah tercukupi dengan bantuan tenaga baru dari BPBD Jombang,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini bisa memperingan kinerja tim medis RSUD Jombang. Meskipun awal memang terkendala mengenai ketersediaan peti jenazah. Namun, sekarang sudah terpenuhi.

“Semoga bermanfaat dan menjadi amal kebaikan bersama. Tentu kami berharap peti jenazah ini tidak digunakan, karena kami berharap pasien yang ada di RSUD Jombang semua bisa sehat kembali,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait