Idul Adha 2021, Takbir Keliling dan Salat Ied Kota Malang Ditiadakan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Alret! Varian Delta Plus Masuk RI, Simak Fakta-Faktanya
ilustrasi (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Idul Adha 2021, Takbir Keliling dan Salat Ied Kota Malang Ditiadakan

Satukanal.com, Malang – Momen Hari Raya Idul Adha yang bakal dilaksanakan, besok (20/7/2021) bakal berbeda dibanding beberapa tahun lalu. Pasalnya, pelaksanaan Hari Raya Qurban ini masih masuk dalam periode PPKM Darurat.

Melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota Malang Nomor 41 tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun 1442 H/2021 M, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sepakat meniadakan takbir keliling, serta salat Ied di Masjid maupun lapangan terbuka.

Baca Juga :  PPKM Darurat, PLN Bakal Padamkan Listrik Pukul 20.00 WIB?

Larangan kegiatan takbir keliling itu berdasar pula pada ketentuan dari SE Menteri Agama RI Nomor 17 tahun 2021 yang disebutkan, selama pemberlakuan PPKM Darurat, Penyelenggaraan malam takbiran di Masjid/Mushalla, Takbir keliling baik dengan arak-arakan berjalan kaki, arak-arakan kendaraan atau dengan yang lainnya ditiadakan. “Idul Adha, malam takbir keliling ditiadakan,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji.

Sementara itu, berkaitan dengan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha di masa PPKM Darurat juga dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah sesuai dengan rukun sahnya salat Idul Adha.

Baca Juga :  Coban Talun Tak Lagi Seksi, Warga Mati Suri

“Takbir dan salat Hari Raya Idul Adha dapat dilakukan di rumah masing-masing sesuai dengan rukun sahnya salat,” pungkasnya.

Artinya, pelaksanaan salat Idul Adha yang biasanya dilakukan di Masjid/Mushalla, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditiadakan. Sehingga, masyarakat harus melaksanakan ibadah sunnah tersebut di rumah.

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

Kanal Terkait