ICW : Kepolisian Dan Kejaksaan Kurang Agresif Tangani Kasus Korupsi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

ICW : Kepolisian Dan Kejaksaan Kurang Agresif Tangani Kasus Korupsi

Satuchannel.com, Kota Malang – Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan kritik terhadap lembaga aparat penegak hukum di kepolisian dan kejaksaan terkait upaya penegakan korupsi. Melalui penelitinya, Febri Hendri mengungkapkan kepolisian dan kejaksaan dinilai kurang agresif dalam menangani kasus korupsi yang masuk.

Bisa jadi ini karena beberapa faktor didalamnya mulai dari kurangnya anggaran operasional, jumlah penyidik, atau soal kemauan yang tidak ada.

Maka tak heran menurut ICW, KPK masih menjadi lembaga yang paling dipercaya masyarakat dalam penanganan kasus korupsi. Meski sebenarnya kejaksaan dan kepolisian juga sudah melakukan penindakan beberapa kasus korupsi.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR

“Hanya mungkin di kejaksaan dan kepolisian kurang terungkap ke publik karena instruksi Presiden supaya dalam penindakan tidak bikin gaduh. Seharusnya penindakan ini bisa diungkap ke masyarakat supaya tahu,” ujar Peneliti ICW, Febri Hendri usai diskusi Survei Anti Korupsi.

Terkait tingginya kasus korupsi di Jawa Timur yang menduduki peringkat satu dalam kasus korupsi se-Indonesia sejumlah 31 kasus dengan kerugian negara ditaksir mencapai 350 Miliar di rentang 2016 – 201. Pihaknya mengatakan ada beberapa indikasi di dalamnya.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR

“Ini bisa jadi memang korupsi di Jawa Timur banyak, tapi bisa juga aparat penegak hukum, KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian bekerja maksimal untuk itu,” terangnya pada awak media. (Aris)

Kanal Terkait