SATUKANAL.COM
Ibu-Ibu Asal Kabupaten Kediri, Berhasil Membuktikan Sukses Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Malahayati, pengrajin kerajinan dan dekorasi rumah
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ibu Asal Kabupaten Kediri, Berhasil Membuktikan Sukses Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

SATUKANAL.com, KEDIRI – Salah satu usaha sampingan yang begitu menjanjikan kali ini adalah bidang kreatif. Malahayati, Ibu muda berumur 37 tahun ini memulai usaha ini berdampingan sebagai profesi apoteker beralamat di Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Di awali dari minat untuk benda kerajinan dan dekorasi rumah, kini ia mampu menghasilkan dari usahanya tersebut.

“Ide awal karena saya suka kerajinan dan dekorasi rumah, jadi berawal beli satu dua bidang bahan dasar untuk digunakan sendiri. Dan beli bunga sekedarnya, kemudian, membuat tulisan sendiri kemudian posting di instagram. Sejak itu usaha saya berkembang,” kata Mala, sebutan akrabnya.

Melalui pemasaran online dan mulut ke mulut itu lah usaha sampingan Mala ini berkembang hingga saat ini.

Banyak tanggapan positif yang didapat oleh Mala. Mulai dari keluarga, saudara, dan kerabat untuk pemesanan produk kreatif ini.

Menurutnya penjualan produk Mala sudah ke seluruh Indonesia, mulai dari wilayah Aceh hingga Papua.

Untuk harga, Maya mematok angka terendah mulai Rp 175.000 hingga Rp 450.000. Patokan harga produk tersebut mengacu pada ukuran, jenis bunga, kerumitan, dan bentuk model rangkaian aksesorisnya.

Baca Juga :  Istri Mendiang Pendiri PT GG Meninggal Dunia

Ia mengatakan ciri khas produk kreatif  ini dari yang lain adalah perbedaan dari setiap produk, jadi lebih ke eksklusif sesuai permintaan.

“Jadi setiap pembuatan sesuai atas permintaan, semisal kombinasi jenis bunga. Tentunya stok tidak banyak. Ketika habis, saya akan cari model lain. Sehingga tidak ada yang sama,” kata Mala.

Ia juga menjelaskan proses pembuatan produk kreatif ini, mulai penentuan desain permintaan, lalu pembuatan tulisan, termasuk model dan isi tulisan. Selanjutnya pengaturan tata letak susunan bunga, serta dirangkai berikut aksesorisnya. Aksesoris di sini terbilang unik, seperti contoh berbagai daun, ranting, dan akar. Jadi begitu terlihat alami dan eksklusif sesuai permintaan pembeli.

Mala mengungkapkan, dalam melakukan usaha ini atas dasar kesenangan. Jadi belum ada hambatan dalam setiap proses pengerjaan produk kreatif ini.

Baca Juga :  PLN Turunkan Tarif Dasar Listrik Untuk Rumah Tangga

“Karena senang, jadi ketika ada project baru yang belum pernah saya buat merasa lebih tertantang dan penasaran. Dua, tiga hari memikirkan desain dan warna membuat pikiran senang. Jadi hampir tidak merasa ada kesulitan untuk proses pembuatannya,” tuturnya.

Mengenai omset, ia menuturkan untuk usahanya kali ini musim lebaran dan tahun baru mampu mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk omset, Alhamdulillah rata rata 5 sampai 6 juta per bulan di hari-hari biasa seperti ini, namun pada saat lebaran dan tahun baru mampu mencapai 10 hingga 11 juta perbulan,” tuturnya.

Kini usaha ibu dua anak ini, yang dirintis sejak Lima tahun yang lalu 2015 berbuah hasil yang begitu menjanjikan.

“Jadi kalau mau diseriusin juga, saya rasa dunia kreatif sekarang sangat menjanjikan sekali, orang lebih suka dekorasi. Kalau zaman dulu monoton, kalau sekarang milenial lebih suka penataan interior, dan hal unik kreatif. Pas banget,” tutup Mala.

Pewarta: Anis Firmansyah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait