Hujan Disertai Angin Kencang di Malang Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hujan Disertai Angin Kencang di Malang Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang
Kanal Highlight Kanal Straight

Hujan Disertai Angin Kencang di Malang Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang

Satukanal.com, Malang – Pada Minggu (14/3/2021) hujan deras beserta angin kencang kembali terjadi di wilayah Malang raya, yakni Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sebelumnya pada 18 Januari 2021 lalu, hujan deras juga telah menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Banjir pada 18 Januari 2021, menggenangi 20 lokasi di Malang dan terdapat lima titik longsor tersebar di lima kecamatan di kota Malang. Pada saat itu, Longsor juga menyebabkan seorang terseret arus Sungai Bango dan dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu, Banjir kembali terjadi pada Minggu kemarin. Hujan deras yang disertai angin juga menyebabkan adanya pohon tumbang yang menyebabkan sejumlah rumah dan kendaraan yang sedang terparkir mengalami kerusakan parah.

Alie Mulyanto selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mengatakan, Hujan deras yang terjadi pada hari Minggu menyebabkan empat rumah dan tiga kendaraan yakni motor mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Di Malang Ada Parade Budaya Nusantara untuk Meriahkan Semangat Hari Pahlawan

Kerusakan rumah juga terjadi di wilayah Kelurahan Samaan. Rumah di lokasi itu rusak pada bagian pagar akibat derasnya arus banjir. Lalu di kawasan Glintung Gang 2 Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, terdapat dua rumah warga yang rusak akibat banjir.

Satu lagi kerusakan rumah juga terjadi di kawasan Jalan Thamrin, Klojen, Kota Malang. Kerusakan rumah warga tersebut diakibatkan adanya pohon tumbang saat angin kencang melanda kawasan tersebut.

Hujan deras dan angin kencang juga turut merusak motor warga yang terparkir di Jalan Tenes, Klojen, Kota Malang. Ketiga motor ini rusak karena diakibatkan oleh pohon yang tumbang.

Diketahui, hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Malang, Minggu (14/3/2021) pukul 14.00 WIB. Berdasarkan catatan BPBD Kota Malang, banjir terjadi di sejumlah titik di Kota Malang ini ketinggian mencapai betis orang dewasa.

Seperti banjir-banjir sebelumnya, banjir ini hanya bertahan saat hujan deras masih melanda. Setelah hujan deras reda, banjir juga berangsur surut. Beberapa tempat yang tergenang banjir yakni, di Jalan Raya Tlogomas, Jalan Letjend Sutoyo, Sulfat, Bareng, Basuki Rachmat dan di sekitar RSUD Kota Malang.

Baca Juga :  Perajin Kampung Gerabah Penanggungan Sulap Tanah Liat Jadi Kerajinan Bernilai

Banjir di Jalan Raya Tlogomas terjadi tepat di depan apartemen Begawan. Air menggenangi ruas jalan yang mencekung. Sejumlah kendaraan berputar arah karena tidak berani melintas saat banjir terjadi. Sebagian ada yang tetap nekad melintas.

Menurut pemaparan Alie, banjir terjadi karena saluran drainase yang ada di kawasan tersebut tidak mampu menampung air hujan yang deras. Alie juga mengatakan, membuat sumur resapan dan sumur injeksi dapat mengatasi air hujan yang deras agar tidak sampai menggenang. Dengan begitu, sebagian air hujan bisa langsung terserap sehingga beban saluran drainase bisa berkurang.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait