Hore! Wisuda Tatap Muka di Malang Kembali Diizinkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hore! Wisuda Tatap Muka di Malang Kembali Diizinkan
STRAIGHT NEWS

Hore! Wisuda Tatap Muka di Malang Kembali Diizinkan

Satukanal.com, Malang – Pada Desember 2020 lalu, Pemerintah Kota Malang menerbitkan Surat Edaran prihal larangan wisuda tatap muka di seluruh Perguguan Tinggi. Larangan penyelenggaraan wisuda secara langsung didasarkan pada peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Malang.

Adanya peningkatan pasien positif Covid-19 tersebut, mengharuskan Pemkot Malang mencari berbagai solusi dan berbagai penanganan untuk mencegah penularan virus ini.

Salah satunya dengan memberlakukan pembatasan di berbagai lokasi yang dapat berpotensi terjadi kerumunan, mulai melangsungkan tahap vaksinasi, mewajibkan seluruh warga untuk taat akan protokol kesehatan (Prokes) serta memberlakukan PPKM Mikro.

Berbagai upaya guna penurunan pasien Covid-19 di Kota Malang pun membuahkan hasil. Hingga Maret 2021 ini, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh juga turut mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, Pemkot Malang kembali memberikan izin digelarnya prosesi wisuda di setiap Perguruan tinggi secara tatap muka. Meskipun izin wisuda tatap muka telah diizinkan. Wali Kota Malang Sutiaji berharap agar protokol kesehatan (prokes) tetap diberlakukan secara ketat.

Baca Juga :  10 Pelanggaran Ini Jadi Fokus Target E Tilang

“Wisuda kami izinkan, cuma kami batasi dan tetap pakai protokol kesehatan Covid-19. 200 peserta setiap prosesi wisuda, tapi hampir setiap minggu” ujar Sutiaji melansir laman Malangtimes.

Sebelum prosesi wisuda secara tatap muka digelar, pihak Kampus wajib menyediakan beberapa fasilitas penunjang protokol kesehatan secara lengkap. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat cuci tangan, hand sanitiser, thermo gun, membatasi jarak peserta dan mewajibkan peserta untuk selalu menggunakan masker.

Selain itu, Sutiaji juga memberikan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi Kampus saat akan menggelar prosesi wisuda tatap muka. Yakni dengan mengajukan izin kepada pihak Pemkot Malang. “Sudah diperbolehkan, tapi perguruan tinggi harus mengajukan izin terlebih dahulu ke kita” ujar Sutiaji.

Baca Juga :  Dokter Jemput Pak Bahir Permudah Orangtua di Batu Peroleh 3 Dokumen Kependudukan Bagi Anak

Wali Kota Malang Sutiaji kembali memberikan izin wisuda tatap muka mulai minggu ini. Diperbolehkannya wisuda secara tatap muka dilakukan guna meningkatkan kembali perekonomian warga Kota Malang akibat pandemi Covid-19.

Dicontohkan Sutiaji, setidaknya setiap mahasiswa yang hadir dari luar kota, nantinya akan mengajak keluarga untuk ikut menemaninya saat prosesi wisuda. Kedatangan mahasiswa dari luar kota juga mengharuskannya untuk menyewa hotel bahkan berwisata kuliner di sekitar Kota Malang. Sehingga, hal itulah yang menjadi ajang untuk mengembalikan sektor perekonomian warga sekitar.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait