Hobi Berkebun Bisa Panjangkan Umur Hingga 100 Tahun - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hobi Berkebun Bisa Panjangkan Umur Hingga 100 Tahun
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Hobi Berkebun Bisa Panjangkan Umur Hingga 100 Tahun

SATUKANAL.com, NASIONAL– Berkebun seringkali dianggap sebagai kegiatan yang dapat menangkan hati dan memberikan kedamaian. Hamparan hijau dari dedaunan, detail tanaman dan warna-warni tumbuhan diyakini dapat menghilangkan letih sehabis bekerja.

Klaim tersebut tidak sepenuhnya salah. Buettner dari America National Geographic, dalam sebuah proyeknya yang bernama Blue Zone telah emmpelajari lima tempat di seluruh dunia yang penduduknya terkenal kaena umur panjang. Tempat tersebut yaitu Okinawa di Jepang, Nicoya di Kota Rika, Icaria di Yunani, Loma Linda di California dan Sardini di Italia.

Buettner menemukan kesamaan dari orang-orang dengan usia rata-rata 80 sampai 90 tahun di tempat tersebut yakni mereka semua rutin melakukan kegiatan berkebun. “Jika Anda berkebun, Anda mendapatkan aktivitas fisik berintensitas rendah hampir setiap hari, dan Anda cenderung bekerja secara rutin,” kata Buettner dikutip dari BBC.

Pernyataan tersebut didukung oleh Agnes E Van Den Berg melalui studinya yang berjudul “Allotment Gardening and Health: A Comparative Survey Among Allotment gardeners and Their Neighbors Without an Allotment”. Ia menyimpulkan jika berkebun memang memiliki efek positif bagi kebahagiaan, kepuasan hidup serta dapat mengurangi rasa kesepian. Carly  Wood, seorang pengajar di jurusan Nutrisi dan Ilmu olahraga, University of Westminster juga mengatakan, berkebun juga berkontribusi sangat baik pada kesehatan, kebahagiaan dan mental.

Baca Juga :  Terhitung Mulai Hari, Berikut Deretan Mobil Bebas PPnBM !

Bahkan kegiatan berkebun juga dilakukan oleh para astronot NASA yangsedang bertugas di luar angkasa. Potensi stress dan kesepian yang muncul ketika hidup berbulan-bulan di ruang hampa membuat mereka melakukan kegiatan menanam dan merawat tumbuhan. Jenis tanaman yang ditanam di lingkungan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) antara lain bunga matahari, bunga kertas, kedelai, brokoli dan lain sebagainya. Lampu LED merah, hijau dan biru seama 10 jam sehari digunakan saat merawat tanaman itu untuk merangsang pertumbuhannya.

Selain bagus untuk kesehatan mental, berkebun nyatanya juga bisa mengurangi efek rumah kaca, meningkatkan koordinasi kekuatan tangan, menurunkan berat badan hingga mengurangi resiko demensia.

C.D. Reimers dkk dalam  studinyaa yang berjudul “Does Physical Activity Increase Life Expectancy? A Review of the Literature” membenarkan, aktivitas fisik memiliki kontribusi terhadap umur panjang karena penyekit seperti hipertensi arteri, diabetes mellitus tipe 2, dislipidemia, jantung koroner, stoke da kanker dapat dikurangi potensinya.

Baca Juga :  Usai Terima Masukan Tokoh Agama Dan Pemda, Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Miras

Dalam sebuah studi yang menggunakan 1932 literatur diketahu hasil, adanya tambahan usia harapan hidup yang lebih tinggi antara 0,43 hingga 6,9 tahun pada subjek yang aktif secara fisik. Bukan termasuk aktivitas fisik olahraga.

Sementara itu, penelitian keterkaitan antara penurunan angka kematian dan akses ruang hijau dilakukan oleh Peter James dkk dari Harvard University yang berjudul “ Exposure to Greenness and Mortality in a Nationwide Prospective Cohort Sudy f Women”. Studi tersebut melibatkan 108.630 orang responden wanita Amerika Serikat yang diamati selama delapan tahun (2000 – 2008). Dan sebanyak 8.604 wanita diantaranya meninggal dunia selama periode penelitian.

Ditemukan bahwa mereka yang berada di daerah paling hijau sebanyak 34 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit pernapasan, 13 persen lebih kecil kemungkinanya meninggal akibat kanker. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang memiliki akses ke taman atau tinggal di dekat taman memiliki kemungkinan lebihh rendah terserang kanker atau penyakit lainnya. Mereaa juga dikatakan cenderung untuk lebih sering melakukan olahraga.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait