Hindari Calo SKD, CASN Kediri Wajib Lewati Teknologi Face Recognition - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tes SKD CASN Kediri (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Hindari Calo SKD, CASN Kediri Wajib Lewati Teknologi Face Recognition

Satukanlah.com, Kediri – Peserta Calon Aparatur Negeri Sipil (CASN) Kediri, mulai menjalani tahap lanjutan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Convention Hall SLG Kabupaten Kediri, Rabu (8/9/2021).

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini peserta CASN wajib melalui pemeriksaan teknologi pengenal wajah atau face recognition.

Hal ini dilakukan sebagai langkah persiapan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengantisipasi praktik calo di masing-masing daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Sholikin mengimbau kepada para peserta untuk tidak menggunakan calo, atau orang pengganti lainnya dalam tes SKD.

Disebutkan teknologi face recognition sudah disiapkan sebelum peserta memasuki ruangan tes SKD. “Berikutnya untuk memastikan bawa dia (peserta, RED) yang berhak mengikuti, bukan orang lain. Jadi jangan sampai. Itu ada face recognition, selain itu, kita cek identitas dirinya melalui Nomor Induk KTP (NIK),” ungkap Sholikin, kepada satukanal.com, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga :  PPKM Kabupaten Kediri Turun ke Level 3, PTM Siap Digelar

Dia menyampaikan dalam proses tahapan tes SKD rekrutmen CPNS dan PPPK Non Guru kali ini sangat ketat. Selain mengantisipasi praktik calo atau joki, protokol kesehatan Covid-19 juga diterapkan bagi para peserta CASN Kediri.

Peserta harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh panitia tes SKD. Mulai dari cek suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker 3 lapis, dan peserta akan dipisahkan apabila ada yang terindikasi positif covid-19.

Melalui protokol kesehatan tersebut, pihaknya akan menjamin tidak adanya kluster peserta CPNS. “Satu hari sebelumnya harus tes swab, mereka (peserta, RED) harus sudah vaksin juga. Akan kita pisahkan tempat tes apabila terindikasi positif, juga nanti yang bersuhu tinggi juga akan kita pisahkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Montir di Kediri Viral Gegara Berparas Cantik

Dikatakan Solihin, secara teknis pelaksanaan tes SKD ini masih sama seperti tahun sebelumnya, memakai sistem CAT. Yakni merupakan sistem aplikasi terpusat dari BKN, dijamin keamanan transparansi dan akurasinya.

Peserta tes SKD berlokasi di Convention Hall SLG ini, diikuti oleh gabungan CASN Kota dan Kabupaten Kediri. Secara jumlah dibagi dan dilaksanakan sampai tanggal 17 September mendatang. “Hari ini ada 600 pesertanya. Yang diikuti kota dan kabupaten Kediri, tertanggal 8 – 11 Kabupaten. Berikutnya tanggal 16 Kota, dilanjutkan, tanggal 17 kedua-duanya,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait