Hikmah PPKM, Angka Kecelakaan di Banyuwangi Turun Drastis - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Straight

Hikmah PPKM, Angka Kecelakaan di Banyuwangi Turun Drastis

Satukanal.com, BanyuwangiPenerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) banyak dikeluhkan masyarakat yang merasa dibatasi aktivitasnya. Namun, di sisi yang lain, ada sisi positif pemberlakuan PPKM ini. Selain menekan penyebaran virus Covid-19,  jumlah kecelakaan lalu lintas di Banyuwangi menurun drastis sejak PPKM diberlakukan pada akhir Juli.

Data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi, angka kecelakaan pada bulan Juli 2021 ada kejadian 67 kasus kecelakaan, 18 meninggal dunia. Lalu, bulan Agustus 2021 angka kejadian hanya 37 kasus dengan 20 korban meninggal dunia.

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang, Kemenag Kabupaten Kediri: Daftar Nikah Boleh, Tapi Pelaksanaannya Ditunda 

Angka ini lebih sedikit dibandingkan sebelum pemberlakuan PPKM. “Sebelum diberlakukannya PPKM, kami mencatat untuk kecelakaan yang meninggal itu lebih dari 20 orang, bahkan sampai 30 orang. Perbulanya kasus kecelakaan bisa mencapai 100 kasus,” ungkap Aiptu Gatot Dri Handoko, Kasubnit I Unit Laka kepada satukanal.com

Penurunan tersebut, lanjut Gatot, dikarenakan mobilisasi warga juga menurun akibat pembatasan kegiatan masyarakat. Sehingga, aktivitas berkendara masyarakat berkurang drastis.

Menurut Gatot, titik paling rawan kecelakaan di Kabupaten Banyuwangi Utara berada di Jl. Yos Sudarso yang terletak Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro. Sedangkan, di wilayah Jalur selatan berada di Kecamatan Glenmore.

Baca Juga :  Pemkab Blitar Launching KTP-EL, Permudah Layanan Adminduk Bagi Masyarakat

Korban kecelakaan sendiri didominasi usia muda, berkisar 20 tahunan. “Dan kebanyakan laki-laki, sedangkan faktor kecelakaan secara umum itu karena faktor manusianya, Ketika mengendarai kendaraan ada yang tertidur, ada juga karena faktor kendaraan yang tidak berlampu, dan faktor faktor kelalaian sendiri,” imbuhnya.

Pewarta : Abdul Konik

Editor : Danu Sukendro

 

 

Kanal Terkait