Hiasi Google Doodle Hari Ini, Noken Papua Warisan Budaya Dunia | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hiasi Google Doodle Hari Ini, Noken Papua Warisan Budaya Dunia
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Hiasi Google Doodle Hari Ini, Noken Papua Warisan Budaya Dunia

SATUKANAL.com, NASIONAL– Laman depan mesin pencarian Google hari ini (4/11/2020) tampak berbeda dan istimewa. Hal ini lantaran, tampilan Google Dooodle menunjukkan warisan budaya Noken Papua. Google doodle Noken papua tersebut diilustrasikan oleh seniman tamu yang berbasis di Depok, Danu Fitra.

Noken Papua adalah tas dari provinsi Papua yang terbuat dari kulit kayu dan dapat difungsikan seperti tas yang dipakai pada umumnya. Selain kulit kayu, tas Noken paua juga bisa terbuat dari bahan seperti serat pohon atau daun yang diproses menjadi benang yang kuat dan kemudian diikat atau dianyam menjadi satu.

Melansir dari laman Itjen Kemendikbud, bagi orang Papua noken bukanlah sekadar tas untuk membantu mereka membawa barang. Noken biasanya juga dipakai untuk membawa hasil pertanian atau barang yang akan dibawa ke pasar.

Menariknya, Noken Papua tak hanya sebuah tas tradisional bagi masyarakat papua. Noken Papua mencerminkan simbol kehidupan yang baik, perdamaian dan kesuburan. Bahkan seringkali Noken juga dipakai untuk perayaan tradisional atau diberikan sebagai persembahan perdamaian.

Noken Papua yang dikenal saat ini dibuat oleh 250 suku di Papua dengan gaya yang berbeda setiap rajutannya. Artinya, kekayaan papua tidak hanya bisa dilihat dari satu benda saja, Noke.

Kini fungsi Noken juga mulai tergantikan oleh benda yang lebih moderen seperti tas kain atau bahan kulit sintetis. Meskipun secara kegunaan Noken merupakan tas yang kuat dan tahan lama.  Namun, jumlah orang yang membuat dan menggunakan Noken semakin berkurang.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran, lemahnya transmisi tradisional, berkurangnya jumlah pengrajin, persaingan dari tas buatan pabrik, masalah dalam memperoleh bahan baku tradisional dengan mudah dan cepat, dan pergeseran nilai-nilai budaya Noken.

Dalam beberapa tahun terakhir, warisan budaya papua ini sempat terancam. Namun keunikan Noken Papua membuatnya terdaftar ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia. Selain itu, Noken juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dan tergolong sebagai kategori “in Need of Urgen Safeguarding” atau “warisan budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak”.

 

 

Pewarta:  Adinda A.I.U
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait