HERBI Feed, Inovasi Mahasiswa Fapet UB Atasi Tingginya Harga Pakan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
HERBI Feed, Inovasi Mahasiswa Fapet UB Atasi Tingginya Harga Pakan
Produk HERBI Feed (Foto: Dokumentasi Prasetya UB)
BERITA Kanal Straight

HERBI Feed, Inovasi Mahasiswa Fapet UB Atasi Tingginya Harga Pakan

Satukanal.com, Malang – Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk terus berinovasi. Seperti ketiga mahasiswa yang berasal dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) .

Ketiga mahasiswa tersebut bernama, Arlieza Rizki , Ery Vio Verawati dan Rozaan Rofie’ Iskani, yang berhasil membuat sebuah produk pakan pellet kelinci berbahan dasar limbah rumen Sapi.

Inovasi tersebut tercipta bukan tanpa alasan, tingginya harga pakan dipasaran disebabkan bahan-bahan yang digunakan, sehingga perlu adanya penerapan inovasi agar dapat menekan biaya produksi.

Di bawah bimbingan  Dr. Ir. Kuswati, MS., IPM., ASEAN Eng, ketiga mahasiswa Fapet UB tersebut membuat inovasi produk bernama HERBI Feed.

Diketahui, HERBI Feed sendiri merupakan produk pakan lengkap untuk kelinci pedaging yang disubtitusi dengan isi rumen sapi dari limbah Rumah Potong Hewan sebagai alternatif pengganti sumber serat kasar.

Baca Juga :  Kini Anak di Bawah Usia 12 Tahun Diperbolehkan Naik Transportasi Umum, Ini Syaratnya

Menurut Arlieza Rizki, limbah isi rumen sapi memiliki kandungan nutrisi terutama sumber serat yang masih sangat tinggi. Sehingga, limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakan kelinci.

“Limbah isi rumen sangat berpotensi sebagai bahan pakan terutama sebagai sumber serat,” ujar Arlieza, melansir dari laman prasetya ub.

Selain memanfaatkan rumen sapi sebagai bahan baku pembuatan pakan kelinci, komposisi dari HERBI Feed juga menggunakan bahan baku tambahan seperti :

  1. Bungkil kopra,
  2. Bekatul,
  3. Garam,
  4. Bungkil kedelai,
  5. Isi rumen sapi,
  6. Premix,
  7. Molases,
  8. Pollard,
  9. Tepung gaplek.
Baca Juga :  Pembukaan Makam Gus Dur Ditunda, Begini Keterangan Mundzir Pondok Tebuireng

Sehingga, dari kesembilan formulasi tersebut didapatkan pellet dengan kandungan :

  • Protein kasar sebesar 15,32% ,
  • Serat kasar 17,69% ,
  • Lemak kasar 3,01%
  • Bahan kering 88,66 %

Dengan adanya inovasi ini, Arlieza berharap agar masalah yang ada dalam industri Rumah Potong Hewan dapat diatasi dan menjadi salah satu pionir yang mendukung gerakan zero waste dalam dunia perindustrian terutama peternakan.

Sebagai informasi, kemasan HERBI Feed tersedia dalam tiga ukuran yaitu 1 kg , 3 kg , dan 10 kg dengan harga Rp 7.000/kg. Selain bekerja sama dengan poultry shop produk ini juga dipasarakan melalui Shopee , facebook , dan instagram dengan nama akun @herbifeed.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

 

Kanal Terkait