Hemat Biaya, PJU Kota Malang Bakal Gunakan Tenaga Surya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Hemat Biaya, PJU Kota Malang Bakal Gunakan Tenaga Surya

Upaya untuk mengurangi biaya listrik penerangan jalan umum (PJU) di Kota Malang terus dilakukan. Setelah sebelumnya berupaya mengganti lampu mercury dengan lampu LED, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Malang nampaknya akan mencoba menggunakan energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan lagi.

Energi yang akan diterapkan itu adalah pemanfaatan penerangan jalan umum dengan tenaga surya (PJUTS). Upaya ini dilakukan selain untuk menekan biaya juga sebagai cara untuk mempertahankan energi.

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan, pemanfaatan energi surya atau PJUTS ini nantinya dipastikan mampu menekan biaya listrik. Di mana saat ini, beban biaya listrik yang harus dibayar Kota Malang dalam setahun adalah Rp 2,5 Miliar.

Baca Juga :  Mahasiswa FTP UB Manfaatkan Piperin di Cabai Puyang sebagai Balsam untuk Nyeri Otot

“Pasti ini nanti dapat mengurangi biaya listrik, dan anggaran bisa dialokasikan ke yang lain,” papar pria berkacamata itu belum lama ini.

Menurutnya, Kota Malang akan mendapatkan bantuan PJUTS dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Total ada 200 lampu yang akan diserahkan ke Kota Pendidikan ini, dan selanjutnya akan disebar di lima kecamatan yang ada di Kota Malang.

“Kami menerima 200 lampu, dan nanti akan disebar di lima kecamatan,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Harga Melambung, Tomat Jadi Komoditas Penyumbang Angka Inflasi Kota Malang

Pemanfaatan energi surya ini memang menjadi salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan Indonesia akan energi batu bara dan fosil. Sehingga dibutuhkan energi baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan yang ada akan listrik dan lain sebagainya.

Kanal Terkait