Hearing Bersama MCW, Dinkes Janjikan Perbaikan Sistem Hingga Tambah Anggaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Hearing Bersama MCW, Dinkes Janjikan Perbaikan Sistem Hingga Tambah Anggaran

Satuchannel.com, Kota Malang – Sejumlah aktivis Malang Corruption Watch (MCW) hari ini mendatangi Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang yang di Jalan LA Sucipto untuk melakukan hearing mengenai permasalahan kesehatan yang ada di Kota Malang, Senin siang (10/7). Adapun beberapa pembahasan penting seperti sistem yang telah berjalan hingga anggaran APBD menjadi komitmen dari hasil pertemuan itu.

Terkait sistem rujukan dan masalah kamar penuh di Rumah Sakit. Dinkes merencanakan akan ada aplikasi data terpadu di setiap fasilitas kesehatan. Aplikasi ini berguna untuk melihat kondisi fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit ataupun Puskesmas. Dari data terpadu juga memungkinkan untuk mengetahui tenaga, jumlah pasien, dan fasilitas pada hari pelayanan, sehingga rujukan dapat tepat sasaran.

“Bersama dengan MCW, sosialisasi mengenai pelayanan kesehatan sampai pada tingkat kelurahan akan ditingkatkan,” tutur Bayu Diktiarsa selaku Badan Pekerja MCW.

Melalui pertemuan itu juga Dinkes juga akan berencana mengajukan peningkatan anggaran pada tahun anggaran 2018. Kepala Dinkes, Asih Tri Rachmi Nuswantari, juga berusaha merespon sejumlah keluhan masyarakat yang disampaikan oleh MCW.

“Untuk warga miskin, saat ini APBD sudah mengcover 26.646 peserta PBI APBD. Terkait obat – obatan, ada juga yang tidak ditanggung BPJS yang tidak masuk di Formularium Nasional (FORNAS),” jelasnya pada awak media.

Pada poin penting lainnya ialah Dinkes akan melakukan pembinaan secara maksimal terhadap penyelenggara fasilitas kesehatan sesuai kapasitasnya. Informasi dan sosialisasi mengenai alur Surat Pernyataan Miskin (SPM) juga akan ditingkatkan. (Iqb)

Kanal Terkait