Hati-hati! Berlebihan Mengkonsumsi Vitamin C Justru Bahayakan Tubuh - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hati-hati! Berlebihan Mengkonsumsi Vitamin C Justru Bahayakan Tubuh
Ilustrasi vitamin C (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Hati-hati! Berlebihan Mengkonsumsi Vitamin C Justru Bahayakan Tubuh

Satukanal.com, Nasional – Vitamin atau suplemen amat populer karena fungsi dan manfaatnya yang memang menajubkan saat situasi pandemi Covid-19 seperti ini.

Kandungan pada vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, menjaga metabolisme tertentu pada tubuh serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan.

Beberapa orang pun mau mengeluarkan dana lebih dalam untuk membeli suplemen vitamin C. Walau menyehatkan, kelebihan vitamin C sebenarnya bisa menimbulkan bahaya tertentu. Berikut ini bahaya kelebihan vitamin C, jika Anda tak berhati-hati dalam mengonsumsinya.

1. Menyebabkan gangguan pencernaan

Melansir Health Line, efek samping yang paling umum dari asupan vitamin C yang tinggi atau berlebih adalah gangguan pencernaan seperti menyebabkan diare atau muntah.

Seseorang kemungkinan besar akan mengalami gejala pencernaan jika mengonsumsi vitamin C dengan dosis lebih dari 2.000 mg sekaligus. Dengan demikian, batas atas konsumsi vitamin C yang dapat ditoleransi 2.000 mg per hari telah ditetapkan.

2. Berisiko batu ginjal

Diketahui, mengkonsumsi vitamin C berlebihan tidak akan membuat vitamin C menumpuk di tubuh. Sebab, kelebihan vitamin tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat, bersama dengan urin.

Namun, pada beberapa situasi, oksalat bisa terikat dengan mineral untuk membentuk kristal dan berubah menjadi batu ginjal. Walau jarang terjadi pada orang yang sehat, risiko gagal ginjal berisiko dialami jika Anda mengonsumsi vitamin C di atas 2.000 mg. Oleh sebab itulah mengonsumsi berlebihan tidak disarankan.

3. Nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang

Efek kelebihan vitamin C lainnya yakni, tubuh tidak dapat mencerna nutrisi secara optimal. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan nutrisi tidak seimbang. Hal tersebut dapat merusak kemampuan tubuh dalam mencerna nutrisi lain.

Baca Juga :  Mabes Polri Terbitkan Ijin Liga 1, Syaratkan Aplikasi PeduliLindungi untuk Double Check

Kandungan vitamin C yang berlebihan dalam tubuh menyebabkan kadar vitamin A, vitamin D tidak tercukupi atau meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Tidak adanya keseimbangan nutrisi ini tidak baik untuk tubuh dan dapat memicu penyakit serius.

4. Mempercepat kerusakan pada sendi

Melansir Orthopedics & Sports Medicine, sebuah studi di Duke University menemukan bahwa kelebihan vitamin C dapat mempercepat kerusakan pada sendi. Vitamin C yang berlebih pada tubuh mengaktifkan protein yang dapat mempercepat kerusakan sendi.

Baca Juga :  Menjawab Keresahan Para Pelaku Usaha, Partnerkita.id Solusinya!

5. Menyebabkan bone spurs

Selain itu, kadar vitamin C yang sangat tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan bone spurs atau osteofit yang menyakitkan. Bone spurs adalah tulang yang tumbuh menonjol di sekitar persendian atau tempat pertemuan antara dua tulang.

Orang dengan kadar vitamin C rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena rheumatoid arthritis atau rematik, yakni kondisi sendi inflamasi yang menyakitkan.

Dari penjelasan diatas untuk memenuhi kandungan vitamin C dalam tubuh, Anda lebih disarankan untuk mendapatkan vitamin C dari makanan sehat seperti, buah-buahan (jeruk, jambu biji, dan mangga) serta sayuran (brokoli, paprika, dan bayam).

Jika anda ingin mengkonsumsi vitamin C, alangkah baiknya selalu konsultasikan dengan dokter terkait jenis dan takaran suplemen yang ingin Anda konsumsi. 

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait