Hasil Karya di Tengah Pandemi, Siswa SMK Nasional Malang Sukses Membuat Gas Bike dan E-Bike - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Hasil Karya di Tengah Pandemi, Siswa SMK Nasional Malang Sukses Membuat Gas Bike dan E-Bike

Satukanal.com, Malang – Meskipun ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, Para pelajar di SMK Nasional Malang tetap andil menunjukan kreativitasnya. Kali ini, siswa jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Nasional berhasil membuat Gas Bike dan E-Bike.

Hasil karya para siswa tersebut telah meluncurkan empat unit Gas Bike dan E-bike, diantaranya adalah unit commuter bike, MTB (Mountain Bike), MTB down-hill, serta Selly (sepeda lipat). Pada saat proses pembuatan Gas Bike dan E-bike ini durasi waktu pengerjaan, memakan waktu sampai sekitar dua bulan.

Pada pengembangan karya Gas Bike dan E-bike sendiri melibatkan sekitar 4-5 siswa. Dari keempat E-bike karya para siswa SMK Nasional Malang tersebut memiliki spesifikasi baterai dan kemampuan jarak tempuh yang berbeda-beda.

Seperti jenis Selly, memiliki kapasitas 500 watt pada komponen hub dengan kemampuan 40 KM jarak tempuh full-charging. Sedangkan untuk yang jenis Commuter bike lebih menyasar para ibu-ibu dan remaja putri, karena memiliki kapasitas hub 480 watt dan jarak tempuh 40 KM, jika baterai terisi penuh.

Baca Juga :  Army Serbu BTS Meal, McD Sarinah Banjir Ojol

Pada jenis MTB berkapasitas 350 watt dengan ketahanan jarak tempuh 40 KM. Sedangkan pada hub terbesar dengan spesifikasi 1000 watt serta tahan hingga jarak tempuh 70 KM, dalam kondisi baterai terisi penuh ada pada jenis MTB down-hill.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyampaikan karya para siswa tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

“Ini merupakan upaya untuk memberikan ruang agar anak-anak mampu mengeksplorasi bakat yang dimiliki, serta meningkatkan kualitas intelegensinya. Sehingga mampu menciptakan produk kreatif yang sangat bemanfaat.” Ujarnya.

Selain itu keberadaan inovasi ini akan mendukung aktivitas wisatawan saat berkunjung ke kampung tematik dan berkeliling ke ibu kota heritage di Kayutangan.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan bahwa “Kita bisa manfaatkan e-bike untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang mau melakukan tour keliling Kota Malang,” Ujarnya.

Baca Juga :  Adakan Sosialisasi Jurnalis se-Kabupaten Malang, Guna Peningkatan Wawasan

Sepeda ramah lingkungan ini juga akan menjadi pelengkap paket city tour sembari mengunjungi spot-spot heritage atau kuliner yang menjadi potensi wisata Kota Malang. Adanya E-bike ini akan mempermudah para wisatawan ketika berkeliling kota dan bisa masuk di gang perkampungan.

Hasil karya siswa SMK Nasional ini patut untuk dikembangkan dan diproduksi lebih banyak lagi. Sebab, sepeda angin inovatif ini cukup kuat dan stabil. Bahkan, kecepatannya pun lumayan kencang.

Sofyan pun mencoba langsung mencoba sepeda tersebut dengan berkeliling Kota Malang dan menyempatkan untuk menanam 20 bibit pohon Pule di kawasan Taman Makam Pahlawan Suropati. Bibit pohon yang ditanam ini merupakan ke-2.693 dari target 10.000 pohon. Ia berharap target tersebut dapat tercapai dengan harapan menghijaukan Kota Malang.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait