Harus Dihindari! Ini Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Harus Dihindari! Ini Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa
HIGHLIGHT KANAL VIRAL

Harus Dihindari! Ini Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Satukanal.com, Nasional – Memasuki bulan Ramadhan, Tentunya juga harus memahami hal-hal yang dapat membatalkan puasa, karena berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat Muslim.

Istilah Puasa bermakna menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan sejak terbit fajar (waktu subuh) hingga terbenamnya matahari (waktu magrib) dengan niat karena Allah.

Kewajiban setiap muslim untuk puasa, termasuk dalam lima rukun Islam. Hadis riwayat muslim, disebutkan dari Abdullah, Nabi Muhammad saw. bersabda, “Islam dibangun di atas lima dasar, yakni bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, mengerjakan haji, dan berpuasa pada bulan Ramadan.”

Apabila anda berpuasa, maka harus tahu beberapa hal yang bisa membatalkan puasa. Berikut adalah hal-hal yang dapat membatalkan puasa :

1. Makan dan minum dengan sengaja

Makan atau minumnya seseorang yang lupa, tidak membatalkan puasa. Diriwayatkan, Nabi Muhammad bersabda, “Siapa yang lupa keadaannya sedang berpuasa, kemudian ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan makanan dan minuman itu”. (H.R. al-Bukhari 1797 dan Muslim 1952).

Baca Juga :  7 Makanan Ampuh Menekan Nafsu Makan Berlebih

Namun, apabila makan, minum, dan segala sesuatu yang masuk melalu lubang pada anggota tubuh pada siang hari (waktu berpuasa), jika dilakukan secara sengaja, akan membatalkan puasa.

2. Muntah dengan sengaja

Muntah yang sengaja (sadar dan sengaja) mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Sedangkan kalau tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk muntah).

Namun, jika muntah itu tidak disengaja, atau terjadi karena sakit, puasa tidak batal. Diriwayatkan, Nabi Muhammad bersabda, “Ssiapa yang tidak sengaja muntah, maka ia tidak diwajibkan untuk mengganti puasanya, dan siapa yang sengaja muntah maka ia wajib mengganti puasanya”. (H.R al-Tirmidzi 653 dan Ibn Majah 1666).

3. Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari 

Melakukan hubungan suami istri saat puasa, maka batallah puasanya. Apabila berhubungan suami istri saat puasa Ramadhan, maka wajib untuk membayar kafarat salah satu dari tiga pilihan, yaitu memerdekakan seorang budak, atau jika tidak mampu mesti berpuasa 2 bulan berturut-turut, atau jika tidk mampu, memberi makan 60 orang miskin.

Baca Juga :  Sidang Isbat Digelar 11 Mei, Lapan Prediksi Lebaran Pada 13 Mei

Namun, jika hubungan suami istri dilakukan pada malam hari (sudah berbuka) maka tidak akan merusak puasa.

4. Keluar mani

Mani yang keluar dan disebabkan bersentuhan kulit dengan lawan jenis atau onani bisa membatalkan puasa, namun keluarnya mani yang disebabkan ihtilam atau mimpi basah tidak membatalkan puasa karena terjadi tanpa sengaja.

5. Murtad (keluar) dari Islam

Seseorang keluar dari Islam, maka dengan sendirinya puasa orang tersebut batal. Yang termasuk dalam kategori murtad adalah mengingkari keesaan Allah atau mengingkari hukum syariat.

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait