Harumkan Kampus Berkat D-Scan, Mahasiswa Poliwangi Sabet Juara 3 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Harumkan Kampus Berkat D-Scan, Mahasiswa Poliwangi Sabet Juara 3
Aplikasi D-Scan mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Foto: poliwangi.ac.id)
BERITA Kanal Straight

Harumkan Kampus Berkat D-Scan, Mahasiswa Poliwangi Sabet Juara 3

Satukanal.com, Banyuwangi – Mahasiswa Poliwangi (Politeknik Negeri Banyuwangi) sukses mengharumkan nama kampusnya di kancah Nasional. Pasalnya, Sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Informatika berhasil menemukan sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi penyakit pada buah naga.

Mahasiswa tersebut ialah,  Nurul Hidayati Novitasari, Aditya Roman Asyhari, dan Aida Andinar Maulidiana. Berkat inovasi itu, ketiganya berhasil menyabet juara 3 pada Kategori Hackathon dalam ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Malang secara Daring.

Aplikasi ini bernama D-Scan, Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan algoritma Deep Learning dan dengan teknologi pengolahan citra digital. Aplikasi ini telah dicoba di beberapa wilayah Banyuwangi saat pengambilan sample buah naga.

Baca Juga :  Pemulasaraan Jenazah Covid-19 di Jombang Antri, Keluarga Sampai Tidur di Trotoar

“Tim D-Scan juga melibatkan beberapa perkebunan buah naga di Singojuruh, Tegaldlimo, Muncar, dan Genteng untuk pengambilan dataset” jelas Nurul Hidayati selaku Ketua Tim D-Scan Poliwangi melansir dari laman beritajatim.com.

Aplikasi D-Scam ini diciptakan ketiganya menggunakan bahasa pemrograman python dan tensor flow untuk mengembangkan model deteksi penyakit, framework Djanggo untuk pengembangan aplikasi website serta Framework Flutter untuk pengembangan aplikasi mobilenya.

“Alhamdulillah kami dapat meraih juara 3 dalam kejuaraan nasional KMIPN III. Meskipun dilakukan secara daring, namun masih terasa suasana perlombaannya, berusaha memberikan yang terbaik” terang Nurul dalam laman resmi poliwangi.ac.id.

Baca Juga :  GMNI Banyuwangi: PPKM di Banyuwangi Berdampak Negatif Untuk Rakyat Kecil

Sebagai informasi, pada kategori Hackathon diikuti oleh 66 Tim dari Politeknik Se-Indonesia hingga menyisakan 11 Finalis. Pemenangnya yaitu Juara 1 diraih oleh Tim Politeknik Negeri Indramayu, Juara 2 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Juara 3 diraih oleh Tim D-Scan dari Politeknik Negeri Banyuwangi.

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait