SATUKANAL.COM
BERITA

Harlah Pancasila, Komunitas Ini Gelar Acara Di Gedung Pancasila Batu

Satuchannel.com, Kota Batu – Sejumlah komunitas yang tergabung dalam Gerakan Cinta Pancasila KWB dan relawan Pilkada Batu 2017 menggelar refleksi Hari Lahirnya Pancasila di Gedung Pancasila, Kota Batu, Kamis malam (1/6).

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Batu Edy Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Batu Cahyo Edi Purnomo, Pakar Sejarah UM Dwi Cahyono dan juga sejumlah Ormas.

Kordinator acara, Bagio Prasasti Prasetio mengatakan prihatin terhadap kondisi bangsa ini dimana banyak kelompok-kelompok yang sudah tidak peduli lagi dengan Pancasila.

Refleksi harlah Pancasila (Swandy)

“Mereka cenderung meremehkan, cenderung menistakan, bahkan mereka menawarkan ideologi baru, bentuk negara baru, kok segampang itu loh kok ga ingat betapa berdarah darahnya founding father kita”, ungkap mantan aktivis PMII ini.

Menurutnya Ideologi Pancasila ini sudah final, sehingga tidak perlu lagi mengotak – atik butir-butir Pancasila karena sudah merepresentasi seluruh golongan baik agama suku maupun ras.

Peringatan harlah Pancasila di Gedung Pancasila Kota Batu (Swandy)

“Masyumi, Muhammadiyah, NU, Kelompok kristen dan juga kelompok-kelompok lainnya sudah sepakat dengan pancasila waktu itu, sehingga tidak¬†ada tawaran sistem khilafah atau sejenisnya,” ungkapnya dengan tegas.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada anak-anak muda di Batu.

“Saya kira tidak semua anak-anak muda zaman sekarang memahami dan mengerti sejarah pancasila,” tambahnya.

Ia berharap wawasan teman-teman dan juga anak muda Kota Batu bisa lebih menghayati Pancasila.(swan)

Kanal Terkait